Review Samsung Galaxy Z Flip 3

1
200
Samsung Galaxy Flip 3
Samsung Galaxy Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 mungkin menjadi smartphone lipat saat ini, walau tidak menghadirkan perubahan yang signifikan daripada seri pendahulunya. Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki desain yang kokoh serta layar yang bagus, meskipun kameranya tidak terlalu bagus dan baterainya pun cukup kecil. Beberapa penyesuaian kecil dilakukan dan harga yang sedikit lebih rendah sepertinya akan menjadi daya tarik buat mereka yang sebelumnya ragu dengan smartphone lipat.

Samsung Galaxy Z Flip 3 akhirnya rilis, lalu spesifikasi tambahan apa saja yang ditawarkan?

Desain dan Layar
Belakangan ini sebagian besar smartphone memiliki tampilan yang cukup identic, pasti banyak dari kita yang kesulitan membedakannya secara fisi. Namun Samsung Galaxy Z Flip 3 hadir dengan tampilan yang sangat berbeda dan tentukan menarik. Pada saat dilipat, Samsung Galaxy Z Flip 3 akan terasa pas di telapak tangan. Kemudian saat dibuka, smartphone pabrikan Korea Selatan ini terasa sangat ramping dan terlihat sangat catchy.

Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki dimensi 72,2 x 86,4 x 17,1 – 15.9mm. Dengan berat 183g, Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki bobot yang tidak berbeda jauh dengan smartphone pada umumnya. Dimensi dan bobot demikian membuat smartphone lipat ini sangat nyaman digunakan sehari-hari.

Samsung Galaxy Z Flip 3 tersedia dalam 7 warna glossy termasuk lavender, krem, hitam serta beberapa varian warna hijau. Smartphone ini memiliki desain two-tone di mana bodi memenuhi layar penutup.

Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki Layar berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ Dynamic AMOLED 2X serta memiliki kecepatan refresh adaptif 120Hz yang membuatnya terasa smooth. Video streaming ataupun game online pasti terlihat lebih mulus di layar Samsung Galaxy Z Flip 3.

Bagi para pengguna smartphone Samsung pasti sudah sangat hapal kalau layar Samsung terlihat sangat tajam dengan warna-warna cerah, pun pada Samsung Galaxy Z Flip 3 tampilan layar tersaji lebih dramatis. Walaupun lipatan di layar masih terlihat tipis, namun itu sama sekali tidak mempengaruhi pengalaman menggunakan layar utama.

Samsung Galaxy Z Flip3
Samsung Galaxy Z Flip3

Software dan Hardware
Samsung Galaxy Z Flip 3 menjalankan Android 11 dengan Samsung One UI. Samsung Galaxy Z Flip 3 sangat user friendly, dan ada akses mudah ke rangkaian aplikasi Google. Pada saat smartphone terlipat sebagian, Flex Panel akan otomatis menggeser konten aplikasi yang sedang terbuka ke bagian atas dan menempatkan pengaturan seperti volume di bagian bawah. Oh yah, Samsung Galaxy Z Flip 3 juga dapat membagi layar dan membuka beberapa jendela sekaligus, misalnya saja kita ingin terus menonton video sambil berbelanja online.

Samsung Galaxy Z Flip 3 ditenagai oleh CPU Qualcomm Snapdragon 888 terbaru yang cepat daripada Z Flip pendahulunya. Untuk urusan daya, Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki baterai 3.300mAh di dalamnya, itu jauh lebih kecil daripada kebanyakan smartphone yang yang beredar saat ini.

Kamera
Pada bagian belakang smartphone terdapat dua lensa kamera; yaitu wide camera beresolusi 12MP dan ultra wide camera beresolusi 12MP. Kamera utama Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki sensor dengan piksel yang lebih besar daripada yang ada di pendahulunya, sehinga gambar yang dihasilkan pun menjadi lebih cerah dan lebih berwarna. Kamera selfienya beresolusi 10MP, sama dengan pendahulunya.

Koleksi mode kamera juga tidak banyak yang berbeda dari pendahulunya. Ada Mode Flex, sehingga penggunanya dapat melipat sebagian ponsel di sudut kanan dan menggunakan satu sisi sebagai dudukan untuk menjaga sisi lainnya tetap stabil. Untuk fitur zoomingnya serba digital, dan dapat naik hingga 10 kali.

Untuk urusan harga, Samsung Galaxy Z Flip 3 dibanderol Rp14,9 juta untuk RAM 8GB dan storage 12GB dan Rp15,9 juta untuk RAM 8GB dan storage 256GB. Samsung Galaxy Z Flip 3 adalah smartphone lipat bergaya yang juga bisa menjadi smartphone lipat pertama yang layak dibeli.

1 COMMENT

  1. […] Smartphone ini tampaknya akan menawarkan setidaknya 8GB RAM dan 128GB untuk penyimpanannya. Itu mungkin datang dengan slot MicroSD dan akan tersedia dalam varian warna Putih, Hijau, Abu-abu, Violet, dan Biru. Smartphone ini diduga akan memiliki harga yang lebih murah dari Galaxy S20 FE, yang dibanderol dengan harga $699. Apakah Samsung Galaxy S21 FE akan menjadi smartphone teratas di tahun 2021? […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here