Review Poco X3 GT : Performa Flagship, Harga Mid Range

0
17
POCO X3GT
POCO X3 GT

Poco baru-baru ini meluncurkan beberapa smartphone dari lini GT yaitu Poco X3 GT dan Poco F3 GT. Duo GT ini ditujukan untuk wilayah yang berbeda, adapun X3 adalah untuk Timur Tengah dan Asia tidak termasuk India, sedangkan model F3 rilis eksklusif India. Dan beberapa hari yang lalu, pabrikan asal Cina ini merilis Poco X3 GT di tanah air dengan spesifikasi yang cukup impresif serta performa yang bertenaga tentunya.

Sebenarnya Poco X3 GT bukan smartphone baru, seri ini merupakan versi rebranded dari Redmi Note 10 Pro Cina. Penekanannya di sini adalah pada bahasa Cina, karena tidak ada hubungannya dengan Redmi Note 10 Pro global, dan sebagai tambahan informasi, model F3 GT lainnya juga merupakan model daur ulang yang merupakan Redmi K40 Gaming Edition untuk Cina.

Singkat cerita, GT pair ini bukan barang baru, bahkan sudah cukup lama dijual di Cina dengan brand Redmi. Namun pasar global akan membuatnya dalam rasa yang berbeda, bersama dengan beberapa perubahan pada UI.

Review Poco X3 GT : Smartphone Flagship Bertenaga
Poco X3 GT hadir dengan layar LCD 120Hz, chip Dimensity 1100 5G yang cepat, trio kamera, serta baterai 5.000mAh yang besar dengan pengisian cepat 67W kelas unggulan.

Desain
Poco X3 GT hadir dengan desain elegan dan cukup mewah, dibandingkan dengan dua saudaranya Poco X3 NFC ataupun X3 Pro yang tampil kaku dan bulky. Desain Poco X3 GT sama bagusnya dengan Poco F3 yang dijual dengan harga lebih mahal.

Poco X3 GT memiliki bodi belakang berbahan dasar plastic dengan build quality yang baik. Varian warnanya terdiri dari Cloud White, Wave Blue, dan Stargaze Black. Warna ini lebih mengkilap dengan efek gradasi halus membuat Poco X3 GT terlihat mewah. Bodi belakangnya dilengkapi dengan tekstur garis-garis, jadi Poco X3 GT lebih nyaman digenggam dan tidak licin.

Layar Poco X3 GT fullscreen dengan luas 6,6 inci yang mempunyai lubang kamera alias punch hole di bagian tengah atas layar. Panel layar smartphone terbaru Xiaomi ini sudah diapisi Gorilla Glass Victus! Lapisan perlindungan Gorilla Glass Victus biasanya hanya dihadirkan pada smartphone flagship dengan harga selangit, tapi Poco menyuguhkannya pada HP Rp 4 jutaan yang lebih murah.

kamera utama 64MP yang lebih baik (vs 48MP), dan pengisian daya 67W yang jauh lebih cepat (vs 33W). Poco juga mengiklankan layar untuk kecepatan refresh adaptifnya – ia harus dapat beralih antara 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz, dan 120Hz secara otomatis tergantung pada kontennya.

Dimensity 1100 SoC harus sekuat Snapdragon 860 di dalam model X3 Pro. Ini juga sangat dekat dengan chip Dimensity 1200 andalan – satu-satunya perbedaan yang mencolok adalah tidak adanya inti CPU Prime yang ditentukan.

Layar
Layar Poco X3 GT IPS LCD berukuran 6,6 inci yang memiliki resolusi Full HD+. Walaupun masih IPS LCD, layarnya memiliki refresh rate sampai 120Hz dan touch sampling rate 240Hz, mendukung HDR10, memiliki kerapatan piksel hingga 399 ppi, serta memiliki intensitas cahaya maksimal hingga 450 nits.

Performa
Poco X3 GT menjadi smartphone pertama dengan prosesor MediaTek Dimensity 1100. Ini merupakan chipset flagship dari MediaTek. MediaTek Dimensity 1100 sendiri mengusung arsitektur dual cluster dengan mode 4 + 4 dengan konfigurasi 4-core Cortex A78 dengan clock-speed 2,6 GHz dan 4-core Cortex-A55 dengan kecepatan 2 GHz.

Untuk performa MediaTek Dimensity 1100 menyuguhkan power yang setara dengan Snapdragon 800 Series terbaru. Namun, apabila dibandingkan dengan Snapdragon 870, kemampuannya masih kalah tangguh.

Prosesor Mediatek ini dipadukan dengan RAM berukuran 8 GB berjenis LPDDR4X dan memori penyimpanan hingga 256 GB berjenis UFS 3.1 yang cepat.

Sedangkan untuk urusan daya, Poco X3 GT ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh. Poco X3 GT juga sudah didukung oleh pengisian cepat dengan output 67W. Xiaomi juga menyertakan adaptor charger 67W dalam paket pembelian. Poco X3 GT diklaim mampu bertahan hingga 16 jam 29 menit dengan baterai tersisa 18%. Daya tahan baterai yang panjang dipengaruhi oleh efisiennya tenaga MediaTek Dimensity 1100.

Poco X3 GT memiliki performa yang bagus dan pas untuk penggunaan real-life. Performanya pun mampu menjalankan tiga game Android HD cukup berat, misalnya COD Mobile, PUBG Mobile, dan Marvel Future Revolution.

Fotografi
Untuk urusan fotografi, Poco X3 GT dilengkapi dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Konfigurasi kameranya antara lain, kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Sedangkan kamera depannya alias kamera selfi memiliki resolusi 16MP dan tersemat di lubang kamera pada layar.

Kamera utama 64MP pada smartphone ini memakai sensor OmniVision OV64B dengan mode pengambilan gambar Quad-Bayer yang menghasilkan gambar beresolusi 16MP. Di atas kertas, kamera ini diperbantukan dengan adanya PDAF, namun sayangnya tidak dilengkapi OIS atau optical image stabilization. Sementara kamera ultrawide 8MP, menggunakan sensor Sony IMX355. Kemudian untuk kamera makro 2MP berjenis fixed-focus dengan jarak terdekat mencapai 4cm.

Untuk kamera depannya, sensor OmniVision OV16A1 dipergunakan dengan mode pengambilan gambar Quad-Bayer dan belum didukung dengan autofokus.

AI kamera pada Poco X3 GT ini mampu menghasilkan gambar dengan bagus, walau agak lama pada beberapa kondisi. Kamera Poco X3 GT juga mendukung pemotretan malam melalui Night Mode. Penggunaan mode ini dalam pemotretan membutuhkan waktu 2 sampai 4 detik tergantung kondisi pencahayaan.

Poco X3 GT mampu merekam gambar di resolusi 4K di 30FPS dan Full HD di 30 FPS dan 60 FPS. Walau tidak dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization), Xiaomi menyertakan sistem EIS atau electronic image stabilization untuk menstabilkan gambar. Apabila ingin lebih stabil, Poco X3 GT menawarkan mode Super Steady.

Melalui Poco X3 GT, Xiaomi menghadirkan smartphone dengan fitur dan spesifikasi layaknya smartphone flagship namun memiliki harga yang super rendah. Poco X3 GT hadir dengan desain dan layar yang cukup mumpuni serta performa yang impresif. Poco X3 GT menawarkan kinerja yang kencang dan lancar untuk berbagai kegiatan, bisa diandalkan terutama untuk gaming.

Daya tahan baterai Poco X3 GT juga mengesankan dan dilengkapi dengan kecepatan charging-nya yang sangat cepat. Kemampuan kameranya pun mengesankan, khususnya untuk kamera utama 64MP yang menghasilkan gambar yang baik di di kondisi minim cahaya.

Kecanggihan Poco X3 GT ini semakin menarik dengan harganya yang terjangkau. Poco X3 GT dibanderol dengan harga Rp 4,3 jutaan untuk varian RAM 8/128 GB dan Rp 4,7 jutaan untuk varian RAM 8/256 GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here