Punya Kulit Sensitif? Hindari 4 Jenis Skincare Ini!

0
58
Punya Kulit Sensitif? Hindari 4 Jenis Skincare Ini!
Punya Kulit Sensitif? Hindari 4 Jenis Skincare Ini!

Kamu salah satu yang memiliki kulit sensitif? Kulit sensitif memang lebih sulit menemukan skincare yang cocok. Beberapa skincare memang memiliki kandungan yang tidak cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Tapi jangan khawatir, kamu cukup memperhatikan kandungan yang ada pada skincare saja kok.

Nah, untuk kamu pemilik kulit sensitif, wajib banget loh, memahami kandungan apa saja yang ada pada skincare yang kamu gunakan. Berikut adalah macam-macam kandungan skincare yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif.

  1. Chemical sunscreen
    Sunscreen alias tabir surya sangat penting banget untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Sunscreen juga mampu mencegah kulit menjadi kusam, berjerawat dan flek-flek hitam karena sinar UV. Namun, chemical sunscreen sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif, karena kandungan kimia yang ada di dalamnya lebih banyak dan merupakan bahan aktif, sehingga sangat mudah membuat wajah menjadi iritasi.
    Kalau kamu memiliki kulit yang sensitif sebaiknya gunakan mineral sunscreen. Terutama buat kamu yang lebih rentan terkena jerawat dan iritasi. Walau beberapa brand sunscreen yang berbahan mineral ini biasanya menimbulkan white cast di wajah, namun, kandungannya lebih sensitif-skin friendly dan juga bisa dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.
  2. Skincare dengan kandungan alcohol
    Beberapa skincare memiliki kandungan alcohol, dan alcohol mampu merusak keseimbangan ph kulit. Sebenarnya untuk pemilik kulit berminyak, alkohol bisa membantu meringkas pori-pori dan mengurangi kadar minyak berlebih. Namun, untuk kulit yang sensitif alcohol justru merusak keseimbangan ph kulit. Alkohol membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi, jadi bisa merusak skin barrier.
    Untuk yang memiliki kulit sensitif, hindari skincare yang memiliki kandungan alcohol. Beralihnya menggunakan skincare dengan kandungan yang menghidrasi dan menjaga kekuatan skin barrier, misalnya Hyaluronic Acid, Ceramide, Centella Asiatica, Niacinamide, chamomile, calendula, green tea extract dan oat. Sederet kandungan tersebut efektif dan lembut untuk kulit sensitif.
  3. Skincare dengan kandungan essential oil
    Skincare dengan kandungan essential oil juga sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Contoh skincare dengan kandungan essential oil di dalamnya, antara lain skincare dengan ingredients seperti rosemarry, lavender, tea tree, rose, geranium, dan lain sebagainya.
    Bahkan pure essential oil juga kerap dipakai di kulit tanpa dicampur apapun, misalnya lavender essential oil, frankincense essential oil, atau menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Essential oil memang baik untuk kulit kita, namun penggunaan essential oil ini tidak boleh terlalu banyak dan sering dipakai. Essential oil aman jika digunakan dalam dosis yang sedikit, apabila terlalu banyak bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Jadi hati-hati ya dalam menggunakan produk dengan kandungan essential oil.
  4. Skincare dengan kandungan fragrance
    Umumnya produk skincare menggunakan fragrance untuk menutupi aroma yang kurang sedap dari beberapa kandungan bahan lainnya. Namun, untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya menghindari kandungan fragrance pada skincare, ya. Fragrance bisa memicu kulit wajah jadi mudah merah dan iritasi.
    Sebaiknya, gunakan skincare yang bebas dari fragrance. Saat ini sudah mulai banyak produk skincare yang tanpa aroma dan fokus untuk menenangkan dan melembapkan kulit, sehingga efektif menjaga kulit sensitif agar tetap sehat, tanpa menimbulkan masalah iritasi.

Nah, itu dia empat jenis skincare yang sebaiknya dihindari oleh para pemilik kulit sensitf. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan skincare yang cocok ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here