Review Samsung Galaxy Z Fold4 : HP Lipat yang Sempurna

0
147
Review Samsung Galaxy Z Fold4
Review Samsung Galaxy Z Fold4

Pada tanggal 10 Agustus 2022, Samsung resmi memperkenalkan hp lipat tercanggihnya yaitu Samsung Galaxy Z Fold4. HP lipat terbaru Samsung ini lebih bertenaga, unggul dan trendi, dan Galaxy Z Fold4 juga menawarkan pengalaman sempurna bagi pengguna yang menyukai hp lipat. Untuk lebih jelas tentang hp lipat tercanggih dari Samsung ini, silahkan simak Review Samsung Galaxy Z Fold di bawah ini!

Perkembangan lini hp lipat Samsung Galaxy Z Fold telah mencapai generasi ke 4. Pada generasi terbaru ini, Samsung telah mengintegrasikan seri teknologi top-notch, yang akan membuat hp lipat ini jadi yang terbaik diantara hp lipat lain yang ada di pasaran.

Review Samsung Galaxy Z Fold4
Di sini, Kami akan memberikan review Samsung Galaxy Z Fold4, sehingga kamu akan mengetahui fitur baru dan spesifikasi hp lipat ini dengan lebih detail!

Desain berkualitas tinggi dan warna trendi
Review Samsung Galaxy Z Fold4 yang pertama akan kami bahas dari segi desainnya. Harus dikatakan bahwa saat memegang Samsung Galaxy Z Fold4, Kamu akan melihat desainnya yang sangat cantik. Versi hp lipat Samsung generasi ke-4 mempunyai tingkat finishing yang sangat baik, dari luar hingga dalamnya. Setiap detail dibuat dengan cermat dan menggabungkan warna-warna trendi, sehingga membuat Galaxy Z Fold4 desainnya tampak sangat mengesankan.

Untuk mencapai desain yang lebih sempurna, Samsung telah mengurangi engsel dan membuat batas layar ultra-tipis, agar menjadikan pengalaman pengguna yang lebih rapi dan optimal secara keseluruhan.
Berat perangkat juga berkurang 5% dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold3 , dari berat 271g menjadi hanya 263g. Dengan berat ini, seri terbaru 2022 ini menjadi Fold teringan yang pernah ada. Desain lipat yang halus, bezel ultra-tipis, dan bobot yang lebih ringan merupakan peningkatan yang menjadikan Galaxy Z Fold4 lebih canggih dibandingkan pendahulunya.

Daya tahan hp juga ditingkatkan dengan menggunakan Armor Aluminium kelas atas yang kokoh pada bodinya, generasi terbaru Corning Gorilla Glass Victus+ juga disematkan di bagian depan dan belakang, dan sudah menggunakan fitur tahan air IPX8. Sehingga, pengguna bisa menggunakannya dengan aman dalam berbagai kondisi lingkungan.

Hadirnya warna-warna baru juga menjadi keunggulan untuk menjadikan Samsung Galaxy Z Fold4 semakin fashionable. Galaxy Z Fold4 mempunyai dua varian warna baru, Beige dan Biru, selain versi Hitam. Saya sangat terkesan dengan versi warna Beige, ini adalah versi warna yang elegan dan mewah di tangan. Warna ini juga mudah cocok untuk banyak pengguna, jadi saya pikir baik wanita maupun pria bisa menggunakannya warna ini.

Rasio aspek baru dan peningkatan pengalaman penggunaan layar yang sempurna
Selanjutnya kita review Samsung Galaxy Z Fold4 ke bagian layar. Galaxy Z Fold4 mengalami perubahan proporsi. Sehingga, Galaxy Z Fold4 mempunyai rasio layar 23,1:9 di luar dan 21,6:18 di dalam. Sebelumnya, layar luar Fold3 menggunakan 24,5:9 dan layar dalam menggunakan 22,5:18.

Peningkatan ini akan membawa tampilan Fold4 terbaru menjadi berukuran lebih lebar dan lebih pendek. Selain itu, ruang layar juga diperluas, khususnya layar luar lebih lebar 2,7 mm dan layar dalam lebarnya bertambah 3,3 mm. Alhasil, saat menggunakan hp lipat Samsung ini, Kamu akan lebih nyaman mengoperasikannya. Saat hanya menggunakan layar eksternal, rasio ini mendekati hp pada umumnya. Ini merupakan nilai tambah yang besar bagi pengguna yang lebih nyaman menggunakan layar eksternal.

Dari segi spesifikasi detail, layar eksternal Galaxy Z Fold4 berukuran 6,2 inci, menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X, sudah support refresh rate 120Hz (otomatis disesuaikan 48Hz hingga 120Hz). Saat Kamu membuka hp lipat Samsung ini, Kamu akan mempunyai layar berukuran 7,6 inci, menggunakan QXGA +, Dynamic AMOLED 2X, memiliki kecepatan refresh 120Hz (otomatis menyesuaikan 1Hz hingga 120Hz).
Kecerahan maksimum kedua layarnya sampai 1000 nits. Dengan detail layar ini akan memberikan pengalaman premium penggunaan layar lebih detail, dan lebih jelas dengan warna yang hidup. Selain itu, frekuensi pemindaian adaptif juga akan membantu menghemat daya baterai dengan secara efektif.

Peningkatan besar pada kamera
Jika generasi Fold lama, kameranya kurang fokus, generasi terbaru 2022 mempunyai peningkatan besar, yaitu menghadirkan kemampuan fotografi yang lebih mengesankan tidak kalah dengan flagship Samsung Galaxy S22 . Secara spesifikasi, Galaxy Z Fold4 mempunyai cluster kamera 50MP (utama) + 12MP (ultra lebar) + 10MP (telefoto).

Di mana, kamera utama 50MP menggunakan ukuran piksel 2um, sehingga akan membantu menangkap lebih banyak detail dan cahaya dengan lebih baik. Sebelumnya, versi Fold3 hanya mempunyai kamera 12MP dengan ukuran piksel 1,8um.

Kamera telefoto 10MP mempunyai fitur 3x optical zoom, dan fitur hingga 30x space zoom, tidak seperti Fold3 yang hanya bisa 2x zoom. Selain itu, fitur perekaman video juga sangat brilian dengan stabilisasi digital OIS dan AI VDIS, sehingga menghasilkan perekaman video yang halus dan profesional.
Mengenai kamera selfie, Fold4 mempunyai kamera eksternal 10MP dan kamera internal 4MP. Kamera internal menggunakan kamera tersembunyi di bawah layar. Berkat desain ini, Kamu akan menikmati ruang layar penuh, dan memanjakan mata karena tidak akan ada lubang kamera pada layarnya.

Multitasking di layar lebar yang lebih optimal
Saat menggunakan seri Galaxy Z Fold, pengguna paling tertarik dengan kemampuan multitaskingnya dengan memanfaatkan layarnya yang besar. Oleh karena itu, Samsung juga berfokus untuk mengoptimalkan pengalaman dengan fitur multitasking yang nyaman seperti: Finger Gestures (Geser dua jari untuk membagi layar), Recent Apps (Buka multitasking dari aplikasi recent), Drag-and-drop multitasking (Drag and drop) aplikasi seperti kalkulator, Taskbar (Beralih aplikasi dengan cepat).

Mengenai S-Pen, Samsung Galaxy Z Fold4 telah support S-Pen Fold Edition dan Spen Pro (keduanya dijual terpisah). S-Pen akan membantu Kamu menulis, membuat sketsa, membuat catatan dengan lebih cepat. Selain itu, Samsung juga menambahkan touchpad, membantu Kamu untuk mengoperasikan hp ini secara akurat dan mengontrol dengan mudah saat diletakkan di atas meja. Alhasil, pengalaman menggunakan S-Pen akan lebih nyaman.

Performa terbaik Snapdragon 8+ Gen 1
Untuk menghasilkan performa yang luar biasa, Galaxy Z Fold telah menanamkan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, ini adalah generasi terbaru dan terbaik dari chip unggulan Qualcomm. Chipset ini diproduksi pada proses 4nm, yang membuat ini menghasilkan CPU meningkat 14%, GPU meningkat 59%, dan NPU meningkat 68% dibandingkan pendahulunya Snapdragon 8 Gen 1 di Galaxy S22.
Dengan adanya chipset ini membuat tugas di Samsung Galaxy Z Fold4 bisa ditangani dengan cepat dan sangat lancar. HP lipat Samsung terbaru ini juga hadir dengan RAM LPDDR5 12GB dan opsi memori 256GB/512GB/1TB. Ini juga pertama kalinya seri Galaxy Z Fold mempunyai versi memori besar hingga 1TB.

Dalam hal kapasitas baterai, Galaxy Z Fold4 mempunyai baterai dengan kapasitas 4.400mAh untuk pengalaman penggunaan yang lebih lama. Dukungan fast charging untuk Galaxy Z Fold4 telah menggunakan fast charging kabel 25W dan charger nirkabel 10W.

Kesimpulan
Sekali lagi, Samsung telah memelopori, memimpin, dan berhasil menghadirkan hp lipat yang sempurna. Samsung Galaxy Z Fold4 telah membuat peningkatan yang sangat signifikan.
Hp lipat dengan desain yang dioptimalkan, tahan lama, pengalaman penggunaan yang nyaman, warna baru yang trendi, kamera luar biasa. Digabungkan dengan kinerja yang kuat, dukungan S-Pen, dan sejumlah fitur untuk memaksimalkan kemampuan multitasking layar lebar. Jadi untuk kamu yang tertarik membeli Samsung Galaxy Z Fold4. Kamu bisa membeli Samsung Galaxy Z Fold4 secara pre-order di website Resmi Samsung Indonesia.

Harga Samsung Galaxy Z Fold4 256GB : Rp 24.999.000
Harga Samsung Galaxy Z Fold4 512GB : Rp 26.999.000
Harga Samsung Galaxy Z Fold4 1TB : Rp 30.999.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here