Area Cewe

Informasi Kekinian Cewek Harus Tahu

ECentrix Contact Center ISO 27001
Bisnis & Karir Event

eCentrix Raih ISO 27001, Demi Dukung Keamanan Data Perusahaan

Di era yang serba digital ini, keamanan akan kerahasiaan data pribadi ataupun perusahaan menjadi salah satu tantangan yang paling berat. Kamu pasti sudah sering baca berita mengenai kebocoran data, kan? Kebocoran data sangatlah berbahaya, karena bisa dimanfaatkan oleh para peretas dan kemudian disalahgunakan untuk berbagai moduk kejahatan siber. Ada beberapa risiko dari kebocoran data, diantaranya sebagai berikut :

  1. Data yang bocor bisa digunakan untuk membobol rekening keuangan, biasanya untuk membobol dompet digital.
  2. Kebocoran data juga bisa disalahgunakan untuk manipulasi pinjaman online.
  3. Data yang bocor juga bisa disalahgunakan untuk pemerasan online. Misalnya saja data yang bocor adalah nomor telepon dan email, dua hal ini bisa dimanfaatkan untuk membobol email pribadi kita. Kemudian membobol smartphone kita, kemudian pelaku bisa mengambil foto-foto pribadi kita. Setelah itu pelaku mengancam untuk menyebarkan foto pribadi, apabila kita mentransfer sejumlah uang.
  4. Dan yang ini sedang popular dalam dunia politik. Kebocoran data juga bisa dimanfaatkan untuk memetakan preferensi politik pengguna yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai target disinformasi. Ini terjadi pada pemilu di AS pada tahun 2016 yang lalu.

Setuju kan, bahwa kebocoran data sangat merugikan dan berbahaya?
Nah, oleh karena itu untuk melindungi keamanan data serta mengontrol risiko keamanan informasi pada sebuah perusahaan , diperlukan adanya sistem pengelolaan informasi yang tersertifikasi.

Contact Center ISO 27001
eCentrix Raih ISO 27001

Sertifikasi Pengelolaan Informasi dan Data
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk menjaga keamanan data diperlukan sistem pengelolaan yang tersertifikasi.

Nah, ISO 27001 merupakan standar manajemen mengenai tata cara mengelola informasi dengan tujuan melindungi keamanan asset-aset informasi sebuah organisasi. Misalnya saja seperti informasi finansial, asset intelektual, data karyawan serta termasuk data-data pihak ketiga yang dikelola organisasi tersebut.

ISO 27001 dibutuhkan untuk melindungi organisasi dari ancaman keamanan dan gangguan aset informasi, serta melindungi privasi dan integritas informasi. Pengelolaan informasi yang tepat dan terstandar juga dapat menghindari risiko kerugian finansial akibat kebocoran data.

eCentrix Raih ISO 27001
PT. Intelix Global Crossing yang memiliki brand eCentrix baru-baru ini menerima sertifikasi ISO 27001 sebagai bukti penerapan standar keamanan informasi terbaik yang didukung oleh penilaian independen dari para ahli dan mampu menjaga kerahasiaan, integritas, ketersediaan informasi serta mengendalikan risiko keamanan informasi pada perusahaan.

Penyerahan sertifikasi ISO 27001 langsung dilakukan oleh Managing Director BSI Herry Saputra dan Senior Commercial Director BSI Nolia Natalia, kepada Chief Executive Officer eCentrix Wayan Eka Nugraha dan Managing Director eCentrix Agung Susanto. Acara penyerahan sertifikat ISO 27001 dilaksanakan di JS Luwansa, Jakarta pada 9 Juni 2022 serta disaksikan oleh Consultant ISO 27001 PT. Ahlindo Konsulasri Ambar Setyohadi.

Secara internal, ISO 27001 dibutuhkan untuk melindungi organisasi dari ancaman keamanan dan gangguan aset informasi, dapat melindungi privasi dan integritas data atau informasi, dapat menghindari kerugian finansial sebagai akibat gangguan keamanan informasi, dan dapat memberikan kultur baru kepada semua karyawan/organisasi terhadap kesadaran keamanan informasi.

Sementara untuk eksternal, ISO 27001 dibutuhkan untuk meningkatkan reputasi perusahaan, memberikan nilai persaingan lebih, serta mendukung program Pemerintah atau pihak ketiga dalam bidang keamanan data khususnya di dunia maya.

eCentrix membutuhkan proses kurang lebih 1,5 tahun, terhitung sejak awal 2020 untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001. Tahapan proses ini dimulai dengan mengundang konsultan, melakukan assessment, merancang action plan, eksekusi, audit internal, audit eksternal yang tentunya tidaklah mudah.

‚ÄúDengan diterimanya sertifikasi ISO 27001, PT Intelix Global Crosing yang memiliki Brand eCentrix diharapkan semakin dipercaya oleh client existing maupun calon client sehingga akan meningkatkan penjualan produk-produk yang dimiliki.” kata Agung Susanto selaku Managing Director eCentrix.

Sekilas tentang eCentrix
PT. Intelix Global Crossing yang memiliki brand eCentrix merupakan perusahaan lokal yang telah berdiri sejak 2001. PT. Intelix Global Crossing menyediakan Bisnis/Produk/Jasa eCentrix. Sebagai perusahaan penyedia Solusi Contact Center System terbesar di Indonesia dan dikenal dengan brand eCentrix.

Kini eCentrix sebagai Contact Center ISO 27001 dan Contact Center ISO 9001, juga menyediakan solusi seperti Predictive Dialing System, Omnichannel System, Collection System dan Mobile Aplication System. eCentrix juga menguatkan standar keamanan aset-aset perusahaan maupun pihak ketiga melalui sertifikasi ISO 27001.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *