Cara Kalibrasi Baterai HP Android Semua Tipe

0
52
Cara Kalibrasi Baterai HP Android Semua Tipe
Cara Kalibrasi Baterai HP Android Semua Tipe

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Semua Tipe – Kalibrasi sebuah hape, terkadang menjadi hal yang penting bagi hape itu sendiri apabila memang telah lama sekali digunakan. Tujuan dari kalibrasi itu sendiri sebenarnya sederhana saja, yakni kembali mengatur ulang presentase baterai agar sesuai dengan baterainya. Semisal, kamu sedang chattingan ponsel kamu mati. Nah, ini bisa jadi karena baterainya sudah habis tapi tampilan presentasenya belum habis. Maka, ponsel tersebut harus dikalibrasi .

Cara pengkalibrasian ponsel pun tergolong sangat mudah. Dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini kamu akna mendapatkan kembali presentasi masa penggunaan baterai sehingga tidak perlu merasa risau jika sedang chattingan tiba-tiba ponsel kamu mati sendiri. Yuk langsung saja ikuti langkah di bawah ini untuk cara kalibrasi baterai HP Android semua tipe yang dapat dicoba.

1) Kalibrasi dengan Bantuan Aplikasi
Sebenarnya ada beberapa langkah pengkalibrasian baterai hape android. Namun pada langkah awal ini kita menggunakan dengan bantuan aplikasi. Nah! Buat yang ingin mengkalibrasi dengan menggunakan bantuan aplikasi, langsung saja kamu bisa download aplikasi untuk kakibrasi ponsel abdroid yakni dengan cara mengunduh aplikasi Battery calibration. Aplikasi ini bisa kamu unduh di google play store. Nah! Jika sudah, kamu tinggal Charger ponsel kamu sampai presentasenya 100 persen lalu masuklah ke aplikasi kalibrasi. Nah! Di aplikasi ini kamu tinggal klik calibrate kemudian cabut chargernya dari ponsel kamu. Bagaimana? Mudah, kan menggunakan aplikasi ini? So, kamu bisa juga gunakan aplikasi lainnya yang sudah tersedia di google play store.

Kalibrasi Dengan Bantuan Aplikasi
Kalibrasi Dengan Bantuan Aplikasi

2) Kalibrasi Tanpa Bantuan Aplikasi
Jika pada nomor pertama mengkalibrasikan ponsel android dengan bantuan aplikasi, kini kamu bisa melakukan pengkalibrasian dengan menggunakan tanpa aplikasi. Nah! Caranya tergoling unik, guys! Karen kmu hanya perlu menggunakna ponsel sampai dayanya benar-benar habis kemudian ponsel tersebut mati sendiri. Nah! Jika sudah mati, kamu hidupkan kembali, maka ponselmu akan tetap mati atau nyala mungkin tapi mati kembali. Pada saat itulah waktunya kamu charger sampai benar-benar penuh atau hingga menunjukan presentasi 100. Nah! Jika sudah, cabutlah charger dari ponsel kamu. Lalu nyalakan ponselnya. Kita lihat! Apakah presentasinya benar sudah mencapai 100? Jika belum, charger kembali hingga mencapai presentase 100.
Nah! Itulah cara melakukan kalibrasi tanpa bantuan aplikasi.
3) Kalibrasi dengan Menggunakan Recovery
Calibrasi dengan menggunakan recovery ini hanya dapat dilakukan untuk status ponsel abdroid yang sudah pernah diroot saja, guys! Tidak hanya itu saja. Tentu harus sudah terpasang lebih dulu Recoverynya. Caranya juga tidak begitu sulit, kok. Kamu hanya perlu melakukan penonaktifan ponsel atau katakanlah matikan saja ponselnya. Lalu masuk ke mode recovery. Untuk masuk ke mode recovery, kamu perlu menekan tombol power + volume atas + volume bawah secara bersamaan dan tekan saja terus. Jika sudah, maka ponselmu akn kembali hidup hanya saja dengan tampilan tertentu. Nah! Pilihlah opsi advanced, kemudian pilihlah haous statistik baterai. Kamu tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian Matikan hapenya lalu charger hape kamu hingga 100 persen. Jika sudah, nyalakan hapenya, gunakan hingga daya benar-benar habis, charger kembali hingga 100 persen.

Kalibrasi Dengan Menggunakan Recovery
Kalibrasi Dengan Menggunakan Recovery

4) Kalibrasi dengan Bantuan Aplikasi untuk Hp yang Sudah diroot
Untuk hape yang sudah diroot, tetap juga bisa kalibrasi dengan menggunakan aplikasi kok. Caranya juga mudah, kamu tinggal unduh saja battery calibration dan buka aplikasinya. Kemudian charger ponsel kamu hingga 100 persen. Setelah itu tekan tombol calibrate. Jika sudah, cabutlah chargernya. Mudah sekali, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here