Manfaat Teknologi Hologram

1
44
Hologram Teknologi
Hologram Teknologi

Holografi adalah proses merekam dan kemudian mereproduksi gelombang cahaya dari suatu objek atau pemandangan. Meskipun hologram secara tradisional ditangkap secara optik, perkembangan teknik digital sekarang memungkinkan untuk membuatnya di komputer, yang membuka kemungkinan baru untuk aplikasi.

Saat ini, teknologi proyeksi holografi dan nanoteknologi telah menjadi lebih maju karena para ilmuwan sedang mengerjakannya. Kita bisa menyentuh gambar yang dihasilkan oleh hologram. Hologram menangkap pola tumbukan antar berkas cahaya di mana salah satu berkasnya menyinari medium dan bertindak sebagai referensi terhadap cahaya yang ditafsirkan.

Untuk membuat hologram, diperlukan suatu alat yang dapat memecah sinar cahaya, benda dan sumber cahaya berupa cermin kemudian mengarahkan kembali cahaya yang terbelah tersebut dan menghasilkan citra 3D. Hologram berbeda dari film fotografi karena mereka terbungkus di dalam dirinya sendiri.

Jika kita memotong hologram ini, setiap setengahnya akan berisi tampilan seluruh gambar. Demikian pula, sepotong kecil akan berisi seluruh gambar. Jika kita mencoba membuat hologram dengan kaca pembesar, gambar holografiknya akan diperbesar.

Manfaat Teknologi Hologram

Kami benar-benar merasa bahwa holografi memiliki potensi karena menjanjikan pengalaman yang menyenangkan dan nyaman bagi pengguna dari awal hingga akhir. Hologram menggunakan difraksi untuk mereproduksi gelombang cahaya yang dipancarkan, ditransmisikan, atau dipantulkan oleh pemandangan tertentu, memungkinkan pengguna untuk melihatnya seolah-olah secara fisik hadir tepat di hadapannya. Jadi, tidak seperti sistem stereoskopik yang saat ini digunakan untuk visualisasi 3D (realitas virtual, realitas tertambah, kacamata film 3D, dll.), Holografi menawarkan semua isyarat kedalaman sistem visual manusia, memberikan ilusi tiga dimensi yang paling alami dan realistis. Ini sangat membantu untuk menyelesaikan konflik akomodasi-vergensi yang ditemukan dalam sistem stereoskopik, yang terkadang menyebabkan sakit kepala dan mual selama penggunaan yang berkepanjangan.
Proyektor holografik menggunakan holografi laser dan elektron untuk memproyeksikan tampilan tajam berkualitas tinggi. Kipas layar membiaskan cahaya dan memproyeksikan bayangan seperti gambar.
Fitur dan Manfaat Teknologi Hologram

Tampilan 3D tajam
Ini berarti peningkatan visual untuk tampilan barang dagangan Anda untuk iklan di dalam toko dan luar ruangan.

Kompatibilitas
Seringkali holoprojector dapat membaca dan memainkan hampir semua jenis format media seperti mp4, avi, rmvb, mkv, gif, jpg, dan png. Ini bagus jika Anda ingin tampilan Anda lebih menawan dan menarik.

Siap Wi-Fi
Banyak holoprojector yang siap untuk wi-fi. Artinya, saat Anda mengambil foto atau merekam video dengan ponsel, Anda hanya perlu menghubungkan ke perangkat dan memutarnya agar dapat dilihat pelanggan.

Fungsi SD
Tidak ada wi-fi di area ini? Fungsionalitas SD memungkinkan merchandiser memutar konten mereka bahkan tanpa wi-fi atau bluetooth.

Dukungan OS
Perangkat holografik bahkan dapat mendukung berbagai sistem operasi seperti Android, Windows, dan iOS. Fleksibilitas dan keserbagunaan perangkat ini memungkinkan pemasar memutar file dari berbagai perangkat sesuai permintaan.

Aplikasi Teknologi Hologram

Secara konkret, semua aplikasi yang membutuhkan visualisasi 3D yang alami dan realistis dapat memanfaatkan manfaat yang dapat ditawarkan holografi: Sistem telekonferensi dan telepresence, pengobatan tambahan, video game realitas virtual, tampilan head-up di pesawat atau mobil, dan virtual asisten. Dalam jangka panjang, layar holografik dapat menggantikan layar televisi tradisional.

Selain visualisasi 3D, holografi digunakan di banyak bidang lainnya. Kita sering lupa tentang hologram pada setiap uang kertas, kartu kredit, paspor, dan kartu ID kita, yang ada karena sangat sulit untuk direproduksi, dan karenanya sangat sulit untuk dipalsukan! Aplikasi lain dari holografi termasuk memori holografik untuk menyimpan beberapa terabyte data di sekitar area yang sama dengan DVD, interferometri holografik untuk mengukur perpindahan statis dan dinamis dengan akurasi di urutan seratus nanometer, dan tomografi holografik dan mikroskop untuk mengukur volume. dari suatu objek yang diamati.

Jika kita berbicara tentang penerapan Holografi, tidak hanya digunakan dalam pembuatan gambar 3D; digunakan dalam berbagai kegiatan mulai dari pemindaian kartu ATM hingga penelitian ilmiah. Beberapa aplikasinya tercantum di bawah ini:

Supermarket

Supermarket menggunakan sistem lensa holografik untuk membaca kode batang produk. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi hologram yang terbaik.

Kedokteran
Di mana teknologi holografik berkembang, itu juga membawa revolusi di bidang kedokteran. Teknologi ini dapat digunakan sebagai alat untuk memvisualisasikan data pasien dalam pelatihan ahli bedah. Ini dapat menghasilkan hologram 3D yang dihasilkan komputer sepenuhnya. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi hologram yang terbaik.

Penyimpanan

Penyimpanan adalah salah satu masalah paling signifikan dari perangkat saat ini. Hologram memiliki kemampuan untuk menyimpan banyak data. Sistem saat ini dapat menyimpan 4,4 juta halaman info pada disk seperti DVD. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi hologram yang terbaik.

Militer

Teknologi canggih terlalu penting dalam militer. Militer menggunakan peta holografik yang memungkinkan tentara memiliki gambar tiga dimensi dari medan perang. Peta-peta ini juga berguna dalam situasi penyelamatan seperti evakuasi bencana. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi hologram yang terbaik.

Keamanan

Seperti yang kita ketahui bahwa hologram rumit untuk dibuat karenanya, hologram sangat membantu dalam keamanan komersial seperti halnya kotak perak pada kartu kredit Anda. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi hologram yang terbaik.

Seni

Teknologi holografik telah digunakan oleh seniman untuk membuat karya seni yang berbeda, termasuk potret berdenyut. Seniman juga menggunakan Holografi untuk menghasilkan gambar animasi 3D atau untuk membengkokkan atau memotong bentuk. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi hologram yang terbaik.

Kendala perkembangan Hologram

Holografi menggunakan difraksi cahaya untuk menciptakan ilusi kedalaman. Ini memberlakukan batasan fisik pada ukuran piksel hologram, yang harus kira-kira panjang gelombang cahaya untuk mengaktifkan difraksi ini. Untuk mendapatkan gambar berskala besar, jumlah piksel harus jauh lebih besar dari resolusi 8K yang digunakan pada monitor generasi terbaru saat ini. Misalnya, hologram 10cm kali 10cm dengan sudut pandang 120 ° membutuhkan lebih dari 70 miliar piksel, atau 2000 kali lebih dari 8K. Untungnya, untuk headset augmented reality atau virtual reality, kita tidak memerlukan layar sebesar itu karena dekat dengan mata pengguna.

Tantangan Teknologi Hologram

Yang pertama adalah sintesis Hologram Genrasi Komputer, dengan tujuan mencapai rendering 3D yang paling realistis dalam waktu nyata. baru-baru ini sedang dikembangkan mesin rendering holografik untuk menghitung hologram resolusi full-HD dengan lebih dari 256 frame per detik pada komputer pribadi. Kami juga telah mengusulkan beberapa algoritme untuk mereproduksi area teduh dan sorotan secara akurat dalam pemandangan.

Area penelitian kedua adalah kompresi dan transmisi data holografik. Hologram resolusi 4K mencakup beberapa ratus megabyte per frame, yang sangat sulit untuk dikirim dalam waktu nyata dengan sistem komunikasi saat ini. Meskipun demikian, setiap bingkai berisi cahaya yang dipancarkan oleh pemandangan ke segala arah yang memungkinkan, dan sebagian besar informasi tersebut tidak dirasakan oleh pengguna. Karena alasan ini, beberapa skema kompresi untuk hanya mengirimkan sinar cahaya yang benar-benar dirasakan oleh pengguna, yang sangat mengurangi jumlah data yang perlu dikirim.

Semua perkembangan ini saat ini dibangun menjadi prototipe headset augmented reality holografik.

Seiring berjalannya waktu, diperkirakan akan ada gambar 3D yang bakal diproyeksikan secara real-time. LCD masa depan akan lebih cerah dan lebih putih karena teknologi proyeksi holografik 3D. Peneliti berharap resolusi teknologi bisa lebih cepat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here