Coba Cek, Ternyata Letak Jerawat Bisa Menjadi Sinyal Masalah Kesehatan

0
1106
Females 1450050 1280
face - pixabay

Tahukah kamu bahwa jerawat tidak hanya mengganggu penampilan saja loh, namun posisi dari letak jerawat juga bisa menjadi indikasi dari suatu penyakit atau masalah kesehatan. Yuk, simak ulasan mengenai letak jerawat serta masalah penyakit yang mengikutinya berikut ini:

1. Letak jerawat di dahi
Penyebab dari munculnya jerawat di sekitar dahi adalah karena stress, sering marah-marah, dan emosi yang tidak terkontrol. Hati-hati kondisi ini bisa menyebabkan jantung dan peredaran darah yang tidak lancar.

Untuk penyembuhannya, kamu cukup untuk rutinkan bangun pagi dan tidak bergadang atau tidur terlalu larut malam, dan perbanyaklah minum air putih. Itu akan memperbaiki peredaran darah kamu.

2. Jerawat di tengah-tengah alis
Umumnya penyebab jerawat di daerah ini karena banyaknya pikiran, banyaknya masalah hati, dan jantung yang berdebar-debar.

Penyembuhan dari jerawat yang berada di tengah-tengah alis adalah cukup untuk menghindari rokok, minuman beralkohol, makanan yang pedas dan olah raga yang terlalu terlalu berat.

3. Jerawat di hidung bagian ujung atau kepala hidung
Penyebab dari munculnya jerawat di sekitar hidung bagian kepala atau ujung hidung adalah gas lambung, sistem pencernaan tubuh yang sedang sakit atau adanya abnormalitas pada sistem pencernaan kamu.

Untuk penyembuhannya kamu harus menghindari makanan dan minuman yang dingin, pedas dan terlalu asam.

4. Jerawat di tulang hidung atau batang hidung
Selain nyeri, jerawat yang muncul di batang hidung bikin penampilan berantakan banget, karena jerawat di bagian ini paling susah di tutupi oleh bedak. Biasanya penyebab munculnya jerawat pada batang hidung adalah yang berhubungan dengan rahim atau sistem reproduksi loh. Hati-hati yah, jangan dianggap remeh loh.

Untuk menyembuhkan jerawat di sekitar area ini kamu harus mulai olah raga secara teratur dan seringlah jalan-jalan pagi untuk menghirup udara segar.

5. Jerawat di pipi kanan
Jerawat di sekitar pipi memang sering terjadi, tapi ini jangan dianggap sepele ya. Jerawat yang muncul di area pipi kanan merupakan pertanda bahwa sistem kerja paru-paru kamu bermasalah.

Mulai sekarang jagalah kesehatan saluran pernafasan kamu, hindari rokok dan perbanyaklah konsumsi buah-buahan segar yang mengandung vitamin C.

Woman 801711 640
face – pixabay

6. Jerawat di pipi kiri
Sama dengan jerawat yang muncul di area pipi sebelah kanan, umumnya orang menganggap remeh jerawat yang muncul di daerah pipi. Nah mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati, mungkin saja ini adalah peringatan bahwa ada masalah di sistem kerja ginjal kamu.

Untuk mengatasi jerawat yang muncul di area pipi kiri, kamu harus istirahat cukup, hindari kerja yang terlalu berat dan jangan tidur terlalu larut. Perbanyak juga konsumsi air putih, sayuran dan buah-buahan yang segar.

7. Jerawat di sekitar bibir
Ini dia, jerawat yang muncul di area sekitar bibir memang paling nyeri, bikin makan dan minum jadi tidak nyaman. Umumnya konstipasi atau sembelit yang menyebabkan akumulasi zat beracun dalam tubuh, atau pengaruh penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride berlebih adalah penyebab munculnya jerawat di area bibir.

Model 2319022 640
face – pixabay

Sama dengan cara penyembuhan sembelit, kamu cukup perbanyak konsumsi makanan berserat dan air putih. Pilihlah sayuran bewarna hijau segar serta buah-buahan yang mengandung serat dan cairan yang tinggi, seperti pepaya, semangka serta jeruk.

8. Jerawat di dagu
Jerawat yang muncul di daerah ini menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami masalah atau gangguan pada endokrin dan hormonal.

Untuk mengatasi jerawat di sekitar dagu, sebaiknya ubah pola makan kamu. Konsumsi pola makanan yang sehat dan tinggi serat. Lakukan aktivitas fisik atau olah raga yang rutin.

9. Jerawat di sisi mata
Biasanya jerawat yang muncul di area sekitar mata dan pelipis disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi mengandung terlalu banyak bahan kimia, seperti pengawet, pewarna dan MSG sehingga terjadi obstruksi atau hambatan pada kandung empedu.

Kalau muncul jerawat di sekitar area mata dan pelipis cobalah berpuasa dan perbanyak minum air putih. Konsumsilah apel dan minyak zaitun. Hindari makanan cepat saji, makanan kaleng, minuman kaleng serta sayuran atau buahan yang tercemar pestisida.

Sun Flower 2699771 640
face – pixabay

Nah, girls, itu dia beberapa letak jerawat yang bisa mengindikasikan penyakit yang sedang kamu alami. Kalau kamu, biasanya suka jerawatan di bagian mana nih? Yuk, silakan share di kolom komentar yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here