4 Cara Sederhana Menonaktifkan WhatsApp

0
210
Trik Sederhana Menonaktifkan WhatsApp
Trik Sederhana Menonaktifkan WhatsApp

Babes lelah dengan notifikasi pesan online di smartphone kamu? Notifikasi pesan yang intens serta beruntun sudah pasti membuat penggunanya lelah dan stress. Apalagi notifikasi pesan group yang massive dan seringnya hanya berisi spam, menjadi alasan penggunanya untuk menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu. Tujuan dari penonaktifkan aplikasi tersebut adalah agar mematikan akses dan layanan WhatsApp sehingga tidak membuat stress untuk sementara waktu.

Tapi sayangnya, aplikasi WhatsApp tidak memiliki opsi bagi penggunanya untuk ‘Keluar’ atau ‘Sign Out’ seperti media sosial lainnya. Sebagai pengguna WhatsApp, kamu hanya bisa menonaktifkan aplikasi WhatsApp. Ada empat trik sederhana yang bisa kamu coba untuk menonaktifkan WhatsApp, atau untuk menghentikan notifikasi WhatsApp sementara waktu . Diantaranya adalah menghentikan paksa kerja aplikasi WhatsApp, uninstall WhatsApp, mematikan fitur notifikasi serta background data dari WhatsApp. Keempatnya cukup mudah untuk dilakukan, loh.

aplikasi whatsapp
aplikasi whatsapp

Oh yah, sebelum kamu melakukan empat trik menonaktifkan WhatsApp, kamu harus tahu nih kalau nantinya pesan yang masuk ke smartphone kamu akan berakhir dengan centang satu. Pesan tersebut akan berubah menjadi centang dua setelah kamu mengaktifkan WhatsApp kembali.

4 Trik Sederhana Menonaktifkan WhatsApp Sementara

  1. Berhenti Paksa Aplikasi WhatsApp
    Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah berhenti paksa dari aplikasi ini. Caranya dengan masuk ke setting menu pengaturan dari smartphone kamu.
    Cara pada Android :
    Masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
    Pilih opsi Aplikasi.
    Pilih aplikasi WhatsApp, lalu geser layar atau melakukan pencarian pada kolom pencarian yang terletak di bagian atas.
    Pilih pada menu aplikasi WhatsApp.
    Pada laman utama menu WhatsApp, kamu akan menemukan dua opsi utama yakin “Berhenti Paksa” (force stop) dan “Hapus Instalan”.
    Pilih opsi Berhenti Paksa lalu pilih Ok.
    WhatsApp akan nonaktif untuk sementara waktu.
    Sedangkan pada iPhone, cara menonaktifkan WhatsApp dengan berhenti paksa belum bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan sistem operasi iPhone itu sendiri yang belum mengakomodir.

2. Uninstall WhatsApp
Uninstall WhatsApp bukan berarti menghapus akun WhatsApp kamu, yah. Kamu hanya akan menghapusnya untuk sementara waktu, dan dikemudian hari kamu masih bisa menggunakannya kembali. Caranya juga cukup sederhana, hanya saja sebaiknya kamu mem back up seluruh pesan terlebih dahulu jika ada pesan yang menurut kamu penting.

Ketuk dan tahan ikon WhatsApp yang berada di beranda utama smartphone kamu.
Pilih opsi uninstall.
Aplikasi WhatsApp nonaktif sementara.
Kalau kamu ingin mengembalikan akun WhatsApp kamu, cukup unduh kembali aplikasi WhatsApp melalui Play Store atau App Store, berikan semua akses yang diminta WhatsApp, termasuk opsi Kembalikan Riwayat Percakapan. Perlu diperhatikan, beberapa pesan yang masuk selama WhatsApp nonaktif mungkin saja tidak masuk.

  1. Mematikan Notifikasi WhatsApp
    Mematikan notifikasi WhatsApp bisa menjadi salah satu alternatif menonaktifkan WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi tersebut. Cara menonaktifkan WhatsApp sementara ini dapat dilakukan pada menu pengaturan WhatsApp iPhone maupun Android.

Cara mematikan notifikasi pada IPhone dan Android:
Buka Aplikasi WhatsApp.
Buka menu Setting dengan mengetuk ikon tiga titik vertikal pada pojok kanan layar smartphone.
Pilih opsi Notifikasi.
Kemudian kamu akan menemui dua opsi pengaturan yakni Personal dan Grup.
Untuk mematikan notifikasi ketuk opsi Notifikasi Pop Up. Lalu matikan pop up pesan untuk grup dan personal.
Kamu juga dapat mematikan getar, nada dering, dan lainnya supaya tidak terganggu dengan pesan yang masuk di WhatsApp.

  1. Matikan Penggunaan Data Latar Belakang (Background Data)
    Cara menonaktifkan WhatsApp sementara selanjutnya adalah mematikan background data atau data latar belakang. Ini bisa kamu lakukan dari menu pengaturan aplikasi pada smartphone.

Buka aplikasi menu Pengaturan Smartphone.
Kemudian pilih opsi menu Aplikasi.
Geser layar dan pilih aplikasi WhatsApp. Kamu bisa juga melakukannya dengan mengetik aplikasi WhatsApp pada kolom pencarian.
Pilih menu WhatsApp.
Lalu pilih opsi Data Seluler.
Matikan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang.
Oh yah sebagai tambahan onformasi, untuk metode Berhenti paksa pesan tidak akan masuk selama kamu tidak dapat membuka aplikasi WhatsApp. WhatsApp akan kembali aktif pada saat kamu membuka aplikasi WhatsApp.

Nah bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba yah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here