Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2

0
111
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 Dan Xiaomi MIX Fold2
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 Dan Xiaomi MIX Fold2

Samsung Galaxy Z Fold4 resmi meluncur di tanah air bulan lalu, dan diklaim menjadi salah satu smartphone flagship terbaik saat ini. Lalu bagaimanakah perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2?

Samsung dan Xiaomi baru-baru ini secara resmi meluncurkan dua model hp lupat andalan mereka pada paruh kedua tahun ini, yakni Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2.

Kedua hp ini merupakan hp layar lipat yang mempunyai teknologi terbaik dari kedua perusahaan saat ini. Jadi ketika meletakkan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 manakah pilihan yang lebih layak untuk dibeli? Maka kamu harus membaca ulasan tentang perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 berikut!

Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2
Berikut ini adalah perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 yang dilihat dari segi desain, layar, chipset, dan kamera.

Desain
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 pertama adalah dari segi desain. Baik Samsung Galaxy Z Fold 4 maupun Xiaomi MIX Fold 2 mempunyai bahasa desain yang cukup mirip karena mempunyai layar lipat horizontal seperti buku dan mempunyai layar sekunder yang berukuran cukup besar di bagian depan.

Secara khusus, Samsung Galaxy Z Fold4 dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus, kaca belakang dan telah dilengkapi dengan bingkai Armor yang kokoh. HP lipat Samsung ini mempunyai 4 pilihan warna yang eye-catching, cluster kamera berbentuk pil di bagian belakang, kamera selfie punch-hole di layar sekunder dan sensor yang terletak di bawah layar utama. Hp layar lipat generasi baru Samsung ini juga telah mempunyai fitur ketahanan air IPX8, sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power di bagian samping, dan support untuk penggunaan S Pen Fold Edition.

Sedangkan Xiaomi MIX Fold 2 mempunyai kluster kamera belakang dengan bentuk persegi panjang yang dirancang secara horizontal. Hp lipat Xiaomi ini tampil memukau dengan dilengkapi bodinya yang agak ramping, hanya memiliki ukuran 5,4 mm dan hadir dalam dua varian warna. HP lipat Xiaomi ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus dan menggunakan engsel berbentuk waterdrop, sehingga membantu memberikan desain bodi yang sangat ramping.

Xiaomi MIX Fold 2 juga mempunyai kamera selfie yang terletak di bagian lubang punch di layar utama dan di bodinya, dan hp lipat ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar lebih baik dibandigkan fingerprint fisik seperti digunakan pada Galaxy Z Fold4. Namun, hp ini tidak mempunyai ketahanan terhadap air maupun dukungan stylus.

Layar
Samsung Galaxy Z Fold4 mempunyai layar eksternal yang berukuran 6,2 inci dan menawarkan resolusi 2.316 x 904 piksel, memiliki kerapatan piksel 401ppi dan menggunakan rasio aspek 23,1:9. Layarnya ini menggunalan panel Dynamic AMOLED dan menawarkan kecepatan refresh variabel dari 49Hz hingga 120Hz serta sudah support fitur Always On Display.

Saat dibuka, layar utama hp lipat Samsung ini mempunyai ukuran 7,6 inci dengan resolusi 2.176 x 1.812 piksel, untuk kerapatan piksel dihasilkan 373ppi dan menggunakan aspek rasio 21,6:18. HP lipat Samsung ini juga menggunakan panel Dynamic AMOLED dan dilengkapi dengan kaca UTG di atasnya sehingga bisa ditekuk dengan nyaman. Layar utama pada Galaxy Z Fold4 mempunyai kecepatan refresh variabel dari 1Hz hingga 120Hz dan support HDR10+.
Sedangkan, Xiaomi MIX Fold2 mempunyai layar eksternal dengan ukuran 6,56 inci dengan resolusi 2.250 x 1.080 piksel dan telah menggunakan aspek rasio 21:9. Layar hp lipat Xiaomi ini menggunakan layar AMOLED dengan kecepatan refresh 120Hz dan support Dolby Vision.
Layar utama pada Xiaomi MIX Fold 2 menggunakan panel LTPO OLED berukuran 8,02 inci dengan kecepatan refresh 120Hz serta support Dolby Vision dan HDR10+. Layar utama MIX Fold2 menawarkan resolusi 2.160 x 1.914 piksel yang memberikan kerapatan piksel mencapai 360ppi.
Dengan demikian, kedua hp layar lipat ini mempunyai kualitas layar yang sama dan dijamin akan memuaskan setiap penggunanya.

Spesifikasi Chipset dan Memori
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 selanjutnya adalah dari segi spek chipset dan memori. Baik Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 mempunyai konfigurasi perangkat keras paling kuat yang tersedia saat ini dipasaran, seperti menggunakan chip Snapdragon 8+ Gen 1 , RAM 12GB, memori internal hingga 1TB, dan memiliki kapasitas baterai yang sama.

Oleh karena itu, kinerja sebenarnya dari kedua hp lipat ini tidak akan jauh berbeda dan keduanya akan lebih dari cukup untuk menangani semua tugas sehari-hari pengguna dasar sampai berat dengan hampir tanpa lag atau shock.

Bahkan daya tahan baterai kedua hp ini tidak jauh berbeda, sehingga akan memberikan waktu penggunaan yang sama saat digunakan seharian. Namun, Samsung Galaxy Z Fold4 hanya mendukung fast charging 25W, diklaim bisa mengisi penuh baterai dalam waktu 1 jam dan 30 menit, sedangkan MIX Fold 2 mempunyai dukungan fast charging 67W, yang diklaim akan mengisi baterai penuh hanya dalam 40 menit.

Kamera
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 selanjutnya membahas dari segi kamera yang digunakanya. Samsung Galaxy Z Fold 4 hadir dengan tiga kamera belakang termasuk sensor utama 50 megapiksel dengan aperture f/1.8 dengan fitur Dual Pixel AF dan OIS, ditambah dengan sensor sudut ultra lebar 12 megapiksel dengan aperture f/2.2, dan kamera telefoto 10 megapiksel dengan aperture f/2.4, yang support untuk 3x optical zoom dan 30x Space Zoom.

Di bagian depan, hp lipat Samsung ini mempunyai kamera selfie 10 megapiksel dengan bukaan f/2.2, dengan sudut pemotretan 85 derajat dan menggunakan piksel 1,22µm. Sedangkan kamera yang tersembunyi di bawah layar bagian dalam menggunakan sensor kamera 4 megapiksel dan bukaan f/. 1.8.
Xiaomi Mix Fold 2 juga mempunyai tiga kamera belakang, termasuk sensor utama 50 megapiksel dengan aperture f/1.8 yang miliki fitur PDAF dan OIS, ditambah dengan sensor sudut ultra lebar 13 megapiksel dengan aperture f/2.4, dan kamera telefoto 8 megapiksel dengan aperture f/2.4, f/2.6 dan memiliki fiotur zoom optik 2x. Di bagian depan, hp lipat Xiaomi ini mempunyai sensor 20 megapiksel.

Secara keseluruhan, dari segi spesifikasi, SamsungGalaxy Z Fold4 sedikit lebih baik dari saingannya Xiaomi ketika kamera telefoto hp Samsung sudah support 3x optical zoom dengan kualitas yang lebih baik. Selain itu, hp lipat Samsung juga mempunyai teknologi kamera selfie yang lebih modern tersembunyi di bawah layar.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Z Fold4 menjadi pemenang dalam perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 dan Xiaomi MIX Fold2 ini karena dilengkapi dengan fitur tahan air, dilengkapi dengan pengisian nirkabel, mempunyai kamera telefoto yang lebih baik, memiliki teknologi kamera di bawah layar, dan sudah support S-pen. Tapi Xiaomi MIX Fold 2 jugabisa menjadi pilihan menarik dengan teknologi fast charging 67W, kamera yang support 2x optical zoom dan baterai yang lebih besar, serta harganya yang lebih terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here