Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+

0
106
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 Vs Galaxy S22+
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 Vs Galaxy S22+

Samsung baru-baru ini secara resmi meluncurkan flagship andalannya pada paruh kedua tahun 2022, yaitu Samsung Galaxy Z Fold4.

Seperti namanya, ini merupakan smartphone layar lipat generasi terbaru dari perusahaan Korea dan merupakan penerus dari Samsung Galaxy Z Fold3 dengan banyak upgrade atau peningkatan. Jadi ketika menempatkan Samsung Galaxy Z Fold4 pada skala dibandingkan dengan salah satu flagships Galaxy S terbaik Samsung saat ini, yaitu Samsung Galaxy S22 Plus, manakah pilihan yang lebih baik untuk dibeli? Untuk mengetahuinya kamu wajib membaca perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ di bawah ini!

Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+, Mana Yang Lebih Baik Dibeli?
Berikut ini merupakan perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ yang akan kami bahas dari segi desain,layar, performa, kamera dan daya tahan baterai.

Desain
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ pertama merupakan dari segi desain. Sekilas desain, Samsung Galaxy Z Fold4 mempunyai tampilan yang lebih menarik berkat layar yang dapat dilipat. Saat dibuka sepenuhnya, smartphone Samsung ini terlihat seperti sebuah tablet mini, dan saat dilipat, pengguna bisa menggunakannya seperti smartphone pada umumnya berkat layar tambahan di bagian depannya. Selain itu, keunikan dari Fold4 adalah memiliki cluster kamera selfie yang tersembunyi di bawah layar.

Sementara itu, Samsung Galaxy S22+, meski desainnya tetap tampil mewah, high-end dengan bodi Armor Aluminium kokoh dan permukaan kaca glossy, desain smartphone ini terbilang lebih membosankan dibandingkan Samsung Galaxy Z Fold4.

Namun, smartphone layar lipat Samsung lebih tebal dibandingkan Galaxy S22+ saat dilipat dan juga lebih berat, sehingga pengalaman memegang dan menggunakannya dalam waktu lama tidak senyaman menggunakan Galaxy S22+. Galaxy Z Fold4 hanya memiliki fitur tahan air IPX8, sedangkan Samsung Galaxy S22+ support fitur ketahanan air dan debu IP68.

Dari segi kualitas pembuatannya, kedua smartphone Samsung kelas atas ini telah menggunakan bingkai logam Armor Aluminium generasi terbaru dan Gorilla Glass Victus+. Samsung Galaxy Z Fold4 juga telah mempunyai dukungan untuk S Pen sementara Samsung Galaxy S22+ tidak memiliki fitur ini.

Layar
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ kedua dibahas dari segi kualitas layar. Samsung Galaxy Z Fold4 lebih canggih dari segi layarnya karena smartphone ini mempunyai panel yang bisa dilipat.
Ukuran layar saat smartphone dibuka sepenuhnya menjadi 7,6 inci, dan memiliki fitur layar seperti resolusi 2K, kecepatan refresh adaptif 120Hz, dan memiliki sertifikasi HDR10+. Apalagi smartphone ini juga mempunyai layar sekunder eksternal dengan ukuran yang cukup besar dengan ukuran 6,2 inci.

Namun, Kamu tidak boleh meremehkan kualitas tampilan layar di Samsung Galaxy S22+. Smartphone ini telah dilengkapi dengan layar berukuran 6,6 inci yang luar biasa, sudah menggunakan resolusi Full-HD+ dan memiliki kecepatan refresh 120Hz. Selain itu, layar flagship Galaxy S ini juga mempunyai kecerahan hingga 1.750 nits, jauh lebih tinggi dibandingkan Samsung Galaxy Z Fold4 yang hanya 1.200 nits. Sehingga Samsung Galaxy S22+ mempunyai visibilitas yang lebih baik di bawah sinar matahari langsung.

Spesifikasi Performa
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ selanjutnya dari spek performa dan kinerjanya. Karena mereka merupakan smartphone Samsung paling canggih saat ini, baik Samsung Galaxy Z Fold4 atau Galaxy S22+ telah dibekali dengan perangkat keras yang sangat canggih.

Secara khusus, Samsung Galaxy Z Fold4 ditenagai oleh chip Snapdragon 8+ Gen 1 dari Qualcomm yang baru dan paling kuat saat ini, dengan kombinasi RAM hingga 12GB dan memori internal hingga 1TB. Sedangkan Samsung Galaxy S22+ mempunyai prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang sedikit lebih lemah, dan dikombinasikan dengan RAM 8GB dan memori internal hingga 256GB.

Oleh karena itu, performa Samsung Galaxy Z Fold4 akan sedikit lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S22+, namun secara umum, kekuatan Galaxy S andalan Samsung ini masih lebih dari cukup untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari pengguna, bahkan saat digunakan untuk bermain game dengan grafis HD.

Kamera
Lanjut dengan perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ berdasarkan kualitas kamera. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Z Fold4 telah diupgrade oleh Samsung dengan sistem kamera dan kualitas sensor kameranya jadi cukup mirip dengan yang dimiliki Samsung Galaxy S22+.

Kedua smartphone ini telah mempunyai sensor utama 50MP, disertai dengan lensa sudut super lebar 12MP dan tambahan kamera telefoto 10MP yang support 3x optical zoom. Selain itu, duo flagship samsung ini juga mempunyai kamera selfie 10MP di bagian depan, tetapi Sasmung Galaxy Z Fold4 mempunyai sensor 4MP tambahan yang terletak di bawah layar lipat.

Oleh karena itu, kualitas foto yang diambil dari Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy S22+ tidak akan terlalu jauh berbeda dan kualitas foto yang dihasilkan sudah lebih dari cukup untuk memuaskan pengguna.

Daya tahan baterai
Terakhir, kedua smartphone ini mempunyai kapasitas baterai yang sama yaitu baterai kapasitas 4.500 mAh (Galaxy S22+) dan Galaxy Z Fold4 (4.400 mAh). Namun, model smartphone Galaxy Z generasi baru kemungkinan akan memakan lebih banyak daya baterai karena baterai harus menghidupkan 2 layar.
Samsung Galaxy S22+ telah mendukung pengisian daya yang lebih cepat, dengan kapasitas hingga 45W untuk pengisian kabel, sedangkan Samsung Galaxy Z Fold4 hanya mendukung pengisian daya 25W. Kedua smartphone flagship Samsung ini juga mendukung pengisian nirkabel cepat 15W dan pengisian nirkabel terbalik 4,5W.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, berdasarkan perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 vs Galaxy S22+ di atas. Kedua smartphone flagship Samsung ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan memilih mana yang cocok untuk dibeli akan tergantung pada preferensi masing-masing orang.
Jika Kamu suka menggunakan smartphone lipat dengan teknologi paling modern dan paling canggih ( seperti kamera selfie tersembunyi di bawah layar, kinerja SD8+ Gen 1, dukungan S-Pen), maka memilih Samsung Galaxy Z Fold4 akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Dan jika Kamu menginginkan smartphone terbaik dari Samsung saat ini dengan desain yang premium, memiliki kemampuan fotografi yang indah, dan memiliki daya tahan baterai yang cukup untuk digunakan sepanjang hari, maka pilihlah Samsung Galaxy S22+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here