Area Cewe

Informasi Kekinian Seputar Cewek Harus Diketahui

Teknologi

Review Realme 11 4G : Spesifikasi dan Performa

Realme akhirnya resmi meluncurkan Realme 11 4G di pasar tanah air. Realme 11 4G akan menjadi model termurah di seri Realme 11 yang diluncurkan sebelumnya, yaitu realme 11 5G, Realme 11 Pro, dan Realme 11 Pro+.

Realme 11 4G resmi diumumkan bersama MediaTek Helio G99
Berbededa dengan dua varian realme 11 series sebelumnya yang beroperasi di lintasan 5G, realme 11 reguler ini masih menggunakan jaringan 4G. Realme 11 4G juga merupakan penerus dari Realme 10 4G generasi sebelumnya. Meski begitu nampaknya smartphone ini tidak membawa banyak perubahan berarti, bahkan chipset yang digunakan tetap sama yaitu MediaTek Helio G99.

Walaupun tidak membawa banyak perubahan, bukan berarti realme 11 4G ini tidak menarik. Justru realme 11 4G hadir dengan fitur yang cukup mencuri perhatian di kelasnya.

Desain dan Layar
Mengadopsi desain Glory Halo Design, realme 11 4G hadir dengan tampilan premium yang menarik perhatian. Layarnya dibekali panel Super AMOLED FHD+ 90HZ seluas 6,4 inci. Layarnya juga sudah mendukung kecerahan puncak hingga 1000 nits. realme 11 4G juga mampu memberikan penyesuaian kecerahan hingga 4096 tingkat.

Buat kamu yang hobi bermain game, kabar gembira nih, karena smartphone terbaru dari realme ini sudah mendukung refresh rate hingga 90 Hz. Agar lebih awet, bagian depan layarnya telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Performa
Kalau bicara soal performa, jelas tidak bisa lepas dari chipset. Sekadar informasi, spesifikasi Realme 11 ditenagai chipset MediaTek Helio G99 yang bertenaga di segmen harganya. Secara keseluruhan, Helio G99 merupakan chipset yang bisa diandalkan untuk segala kebutuhan, terutama saat bermain game dengan label non-AAA.

Perlu diketahui bahwa Helio G99 berjalan pada proses 6nm dan memiliki dua prosesor octa-core A76 2.Prosesor A55 octa-core 2GHz dan enam prosesor octa-core 2.0GHz. GPU-nya sendiri menggunakan ARM G57 MC2. Selain itu, SoC ini juga mendukung RAM dinamis hingga 16GB (8GB + 8GB) untuk memastikan penggunaan sehari-hari lancar dan tanpa gangguan, terutama saat menjalankan banyak aplikasi dan berpindah antar aplikasi.

Realme 11 4G juga hadir dengan penyimpanan yang cukup besar di kelasnya, dengan ROM 256GB dan penyimpanan eksternal hingga 1TB, memberikan lebih banyak ruang untuk file, foto, maupun video.

Dari segi software, realme 11 menggunakan antarmuka realme UI 4.0 berbasis sistem operasi Android 13.

Kamera

realme 11 punya kamera andalan dengan resolusi tertinggi di segmennya, yakni kamera ProLight 108MP yang mendukung sensor zoom 3x, sehingga menghasilkan foto lebih detail serta jernih.

Lalu ada juga fitur 3x in-sensor zoom, yang mana smartphone ini menggunakan teknologi in-camera zoom sensor HM6 untuk menghasilkan foto yang tak kalah dengan hasil jepretan dengan 3X optical zoom.

Menggunakan algoritma pencampuran untuk membuat gambar yang diperbesar menjadi lebih indah, penggunanya dapat melihat lebih dekat detailnya dan menyusun gambar sesuai keinginan.

Buat kamu yang menyukai fotografi malam hari, realme 11 dilengkapi dengan teknologi jahitan foto 9-in-1 yang menggabungkan 9 piksel menjadi 1 piksel super besar, meningkatkan kualitas foto malam hari dan kontrol noise, sekaligus menghadirkan performa pengambilan gambar malam hari yang luar biasa.

Dengan dukungan algoritma Smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 yang digunakan pada realme 11, mampu meningkat 160% di lingkungan gelap.

Saat memotret objek bergerak, autofokus kamera lebih cepat karena seluruh piksel dilengkapi PDAF. Akurasi fokus realme 11 9 kali lebih baik dibandingkan perangkat yang menggunakan sensor HM2.

Selanjutnya terdapat 3 filter kamera baru yang menghadirkan gaya fotografi lebih pada mode Street Photography yaitu Tranquil, Crisp dan Cinematic yang membantu menonjolkan kontras.

Daya
Urusan daya, smartphone dengan tagline Leap Beyond the Competition itu hadir dengan kecepatan pengisian daya tercepat di kelasnya dengan pengisian daya 67W SUPERVOOC Charge.

Pengisian daya tercepat ini dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, antara lain seperti:

  • Dual charge pump technology. Dengan solusi pompa muatan ganda 2:1 yang inovatif, efisiensi konversi antara dua pompa muatan mencapai 98%.
  • Charging speed: 1-50% dalam 17 menit, 1-100% dalam 45 menit.
  • Smart Algorithms:
    VCVT Intelligent Tuning
  • Algorithm: Untuk mencapai penyesuaian kecepatan variabel stepless tegangan, yang secara cerdas dapat menyesuaikan tegangan dan arus. Algoritmanya bisa akurat hingga 500mA, menjamin kinerja pengisian daya dan mengurangi daya yang terbuang.
  • VFC Trickle charging Algorithm: Untuk mengoptimalkan efisiensi pengisian daya 10% baterai terakhir (dari 90% hingga 100%). Pengisian daya trickle berarti mengisi daya baterai yang hampir terisi penuh dengan kecepatan rendah untuk melindungi baterai.
  • Kecepatan pengisian daya trickle dapat ditingkatkan hingga 200% dengan perlindungan algoritma ini.
    38 Levels of protection: realme telah menambahkan 38 langkah keamanan pada realme 11 untuk menjamin keamanan untuk pengisian dayanya, mulai dari kepala charger, kabel data, antarmuka pengisian daya ponsel, sirkuit pengisian daya, hingga baterai.
  • 5.000 mAh massive battery and long battery life: siaga: 673 jam, panggilan telepon: 52 jam, YouTube: 21 jam, WhatsApp: 16 jam, Twitter: 10 jam, Spotify: 42 jam, TikTok: 15 jam, PUBG Mobile pada 40fps: 9,19 jam, model daya tahan baterai realme: 1,95 hari

Dibalik keterbatasannya yang hanya dapat beroperasi pada jaringan 4G LTE, realme 11 nyatanya punya ruang penyimpanan yang luas dan performa gaming yang cukup baik di kelasnya. Intinya, smartphone ini memiliki ruang data yang luas dan performa yang cadas.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *