Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat

0
1202
Sushi 1996067 1280
Sushi - pixabay

Peluang bisnis budidaya ikan sidat , diberbagai daerah, nama binatang yang satu ini memanglah berbeda beda. Sidat. Tidak banyak yang mungkin tahu akan keberadaan dan potensi binatang ini, apalagi dibeberapa daerah sidat memiliki nama nama yang berbeda beda. Ditambah juga dengan kondisi masyarakat Indonesia yang belum terlalu akrab dalam mengkonsumsi ataupun membudidayakan sidat tersebut. Padahal, di Jepang dan Korea sidat merupakan makanan favorit dan menu yang selalu ada di restoran restoran maupun warung makan di jepang dan juga korea. Makanan yang terbuat dari sidat di Jepang dan Korea biasa mereka sebut dengan unagi. Makin menarik saja membahas tentang Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat ini.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat
Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat

Sebenarnya jika kita mau dan ingin mengoptimalkan sumber daya sidat yang ada di indonesia menjadi salah satu ide dan lahan bisnis, maka sebenarnya peluang tersebut terbuka lebar dan luas dan masuk dalam peluang usaha yang potensial. Mengingat bahwa dari 13 jenis sidat yang ada didunia, 7 diantaranya terdapat di indonesia. Termasuk 2 jenis sidat yang sangat digemari pasar, baik pasar lokal maupun internasional. Di Indonesia terdapat 2 jenis sidat yang sangat digemari, yaitu sidat anjing atau bernama latin bicolora, sidat ini banyak tersedia dikawasan Sukabumi, Cilacap dan juga Jember. Sedangkan sidat jenis berikutnya yang juga sangat digemari adalah sidat jenis marmorata, atau biasa juga disebut sebagai sidat kembang. Bahkan sidat jenis yang kedua tersebut harganya jauh lebih mahal 2 sampai 3 kali lipat dari pada sidat jenis yang pertama dan juga lebih disukai oleh masyarakat Indonesia, Jepang dan juga Korea.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat
Eel Preparation – pixabay

Mungkin masyarakat Indonesia belum menyadari bahwa pasar dari sidat ini sangatlah luas, baik itu pasar lokal maupun internasional. Selain itu harga bibit untuk budidaya sidat dewasa juga sangat mahal dipasaran, 1kg bibit sidat dewasa bisa mencapai harga 900.000 rupiah. Meski tergolong mahal dan sangat menjanjikan ternyata masih belum banyak yang membudidayakan sidat, ini artinya persaingan disektor bisnis ini masih sangat kecil sehingga keuntungan optimal masih mungkin kita dapatkan. Selain itu, Jepang juga tiap tahun membutuhkan sidat sebesar 2000 ton dan 60 ribu diantara tidak bisa dipenuhi, ini artinya kita bisa membedik pasar ekspor untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Demikianlah tadi ulasan informasi mengenai Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat yang dapat kami rangkum dan sajikan untuk kamu, semoga cukup memberikan inspirasi bagi kita semua. Bagi kamu yang tertarik untuk terjuan dalam budidaya ikan sidat ini alangkah baiknya untuk melengkapi dengan mencari dan menggali informasi sebanyak-banyaknya sebelum mulai usaha dibidang budidaya ikan sidat ini. Selamat mencoba dan salam sukses !!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here