5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari

0
2458
5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari
Food Photography - pixabay

Sayuran paling dikenal sebagai makanan yang kaya serat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayuran juga sangat tinggi akan nutrisi seperti antioksidan, beberapa vitamin dan mineral. Sebagai makanan yang kaya akan serat sudah pasti sayuran menjadi makanan yang berfungsi menurunkan kolesterol dan lemak dalam dalam tubuh kita. Dan kabar terbaiknya sayuran sangat rendah lemak, itulah yang membuat sayuran menjadi makanan yang baik dimakan selagi diet.

Beberapa jenis sayuran tertentu memiliki keunikan tersendiri dalam hal kandungan nutrisinya. Mau tahu sayuran apa saja yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi? Kita langsung simak ulasan berikut ini :

1. Brokoli

5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari
Broccoli – pixabay

Urutan pertama sebagai sayuran yang paling tinggi gizi adalah brokoli. Ya, brokoli memiliki nutrisi yang sangat lengkap, tinggi vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B kompleks. Brokoli juga tinggi akan asam folat dan beberapa mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin dan isotiosianat yang sangat berkhasiat sebagai antikanker.

Brokoli adalah tanaman sayuran yang masuk ke dalam jenis kubis-kubisan, sekitar tahun 1970 an sayuran brokoli baru masuk dan diperkenalkan di Indonesia.

2. Kale

5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari
Plant – pixabay

Memiliki julukan sebagi ratunya sayuran, Kale memiliki banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kale memiliki kandungan lebih dari 11 vitamin dan 9 nutrisi, di antaranya yaitu vitamin A, D, E, K, C, B1, B2, B3, B6,B9, K, kolin, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, dan garam seperti Kalium, dan juga Natrium.

Sayuran Kale masuk ke dalam golongan kubis-kubisan, sering disebut juga sebagai saudara kembar brokoli karena mirip secara bentuk dan kandungan nutrisinya.

3. Bayam

5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari
Spinach – pixabay

Well, siapa yang tidak suka bayam? Sepertinya bayam sudah menjadi sayuran favorite di Indonesia. Hampir seluruh Ibu-ibu rumah tangga menghidangkan sayur bayam di tiap minggunya kan?

Sayuran berdaun hijau tua ini sangat kaya akan zat besi, sehingga sayur bayam selalu menjadi rekomendasi para dokter dan ahli kesehatan sebagai bahan penambah darah secara alami.

Sayuran ini merupakan sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori loh, jadi sangat baik buat kamu yang sedang ingin melakukan diet rendah kalori.

4. Wortel

5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari
Carrots – pixabay

Wortel sangat kaya akan antioksidan, dapat terlihat dari warnanya yang oranye terang. Wortel juga tinggi vitamin dan serat makanan, namun hanya mengandung 41 kalori per 100 gram nya. Wortel sangat dikenal kaya akan betakaroten dan vitamin A yang berfungsi sebagai anti radikal bebas dan sangat baik untuk system reproduksi.

Dalam wortel juga terdapat senyawa flavonoid yang membantu melindungi kulit, paru-paru dan mencegah kanker. Tidak hanya itu, sayuran ini juga tinggi akan kandungan vitamin B kompleks, seperti asam folat, vitamin B 6, thiamin, asam pantotenat , dll. Ditambah lagi, wortel mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan senyawa penting yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

5. Bunga kol

5 Sayuran Tinggi Gizi Yang Baik Kamu Konsumsi Setiap Hari
Cauliflower – pixabay

Siapa yang menyangka, sayuran yang bewarna pucat ini merupakan sumber antioksidan dan vitamin, selain sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Bunga kol mengandung senyawa antikanker dan anti estrogen. Senyawa ini secara bersama-sama telah terbukti bermanfaat untuk mencegah kanker prostat, kanker payudara, kanker leher rahim, kanker usus besar dan juga kanker ovarium.

Vitamin lain yang banyak diketemukan di dalam bung kol adalah yang termasuk dari kelompok B kompleks seperti folat, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6) dan juga thiamin (vitamin B1), niacin (B3) serta vitamin K. Mineral yang terkandung di dalam bunga kol juga sangat banyak seperti mangan, zat besi, kalsium, tembaga dan potassium.

Itu dia lima jenis sayuran yang sangat tinggi gizi nya dan sangat baik untuk kita konsumsi setiap hari. Nah dari ke lima sayuran tersebut manakah yang menjadi favorite kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here