4 Kebiasaan Tidur Yang Justru Merusak Kulit

0
1997
kebiasaan tidur yang merusak kulit
Bed - pixabay

Salah satu cara untuk menjaga kecantikan wajah adalah dengan menjaga pola tidur, karena selama tidur, hormon pertumbuhan akan memuncak dan mampu merangsang perbaikan sel dan jaringan kulit kita.

Begitu juga apabila kualitas tidur kita berkurang, maka pertumbuhan hormon akan melambat dan berakibat proses perbaikan kulit pun terhambat. Bila keadaan tersebut terus menerus terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat dan pembentukan kolagen pun akan melambat sehingga inilah yang menyebabkan penuaan dini. Maka dari itu, untuk mencegah penuaan dini, kita harus menjaga pola tidur kita.

Namun, menjaga pola tidur yang baik dan cukup pun masih kurang. Ada beberapa kebiasaan tidur yang dapat mempercepat proses penuaan dini serta merusak kesehatan kulit. Penasaran kebiasaan apa saja, langsung simak ulasan berikut ini yah.

1. Tidur tengkurap

kebiasaan tidur yang merusak kulit
White – pixabay

Sering tidur dengan posisi tengkurap, akan memberikan tekanan yang berlebih pada bagian wajah. Posisi ini juga membuat cairan menumpuk pada area wajah. Kalau kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka kulit wajah akan mengendur dan kehilangan elasitasnya.

2. Tidak cuci wajah

Kalau kamu sering tidur dalam keadaan tidak mencuci wajah, maka sebaiknya berhentilah dari kebiasaan itu. Mencuci wajah sebelum tidur sangat penting dilakukan, karena keringat dan kotoran yang menumpuk dari aktivitas seharian akan menyumbat pori-pori wajah dan dapat menyebabkan jerawat.

3. Terlalu banyak menggunakan produk wajah

Merawat wajah memang penting, apalagi menggunakan produk perawatan wajah di malam hari memang efektif membantu menajaga kesehatan kulit. Namun, terlalu banyak menggunakan produk perawatan wajah sebelum tidur malah justru bisa membahayakan kulit.

Kandungan kimia pada produk-produk tersebut akan merusak sel-sel kulit wajah. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter kecantikan terlebih dahulu untuk penggunaan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit kamu.

4. Kurang minum air putih

kebiasaan tidur yang merusak kulit
Water – pixabay

Bahkan di saat tidur, sel-sel dalam tubuh membutuhkan air untuk regenerasi. Bila kamu kurang mengkonsumsi air putih, maka kulit kamu akan mengalami kekeringan sehingga elastisitas akan hilang, kusam, dan tampak keriput.

Pastikan kamu mengkonsumsi satu gelas air putih sebelum tidur pada malam hari.
Itu dia girls, kebiasaan tidur yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu. Di antara empat kebiasaan tersebut, yang mana nih yang masih sering kamu lakukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here