Haid Kamu Berkepanjangan? Hati-hati, Mungkin Ini Dia Penyebabnya

0
175
haid tidak teratur
Girl - pixabay

Menstruasi atau haid atau yang biasa kita sebut dengan datang bulan merupakan siklus yang normal terjadi pada setiap wanita dewasa. Menstruasi terjadi karena disebabkan sel telur yang tidak dibuahi. Biasanya setiap wanita dewasa mengalami menstruasi tiap bulannya dengan durasi selama tiga sampai lima hari.

Nah, apakah ada di antara kamu yang mengalami durasi menstruasi lebih dari lima hari? Apakah durasi menstruasi yang lebih dari lima hari masih bisa dianggap normal? Lalu apa sih penyebab dari durasi menstruasi yang lebih lama ini? Yuk kita simak langsung ulasannya berikut ini?

gangguan menstruasi
Belly – pixabay

Apabila kamu mengalami menstruasi lebih dari lima hari, bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor berikut :

1. ️Pendarahan abnormal
Pendarahan abnormal yang terjadi ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Biasanya, pendarahan yang terjadi merupakan indikasi dari suatu kondisi ovarium yang tidak menghasilkan sel telur, tetapi ada pendarahan yang terjadi di rahim.

2. ️Gangguan pendarahan
Kurangnya nutrisi seperti vitamin dan mineral pada anak-anak perempuan yang telah memasuki masa pubertas akan sangat berbahaya, karena mampu mengganggu sistem reproduksi mereka. Misalnya saja terjadi gangguan pendarahan, inilah yang terjadi bila mereka mengalami menstruasi yang lebih dari 5 hari.

3. ️Penyakit tiroid
Kekurangan hormon tiroid pada tubuh dapat menyebabkan tubih mudah lelah, nyeri sendi dan oto yang kaku, selain itu juga dapat mengganggu siklus menstruasi. Durasi menstruasi pun menjadi lebih lama dan berat. Nah, untuk penderita kekurangan hormon tiroid sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk dapat mengembalikan kadar hormon yang kurang.

4. ️Hiperprolaktinemia
Hiperprolaktinemia adalah keadaan di mana aliran darah memiliki hormon prolaktin yang tinggi. Nah, apabila tubuh memiliki hormon prolaktin yang tinggi, maka ovulasi pun terhambat. Ini juga mampu mempengaruhi durasi dari menstruasi.

5. ️Perimenopause
Perimenopuase atau biasa disebut sebagai menopause dini juga bisa membuat wanita dewasa mengalami menstruasi dengan durasi yang lebih panjang. Dan umumnya, perimenopause terjadi pada wanita dengan rentang usia 40 sampai dengan 45 tahun.
Nah girls, apabila kamu mengalami durasi menstruasi yang lebih dari lima hari, yuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk mengetahui keadaan kesehatan kamu lebih detail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here