MUFFEST Surabaya 2021 Dukung Kebangkitan Industri Fashion di Jawa Timur

0
10
MUSLIM FASHION FESTIVAL
MUSLIM FASHION FESTIVAL

Muslim Fashion Festival atau biasa disingkat menjadi MUFFEST, di tahun ini akhirnya hadir di Kota Pahlawan, Surabaya. MUFFEST kali ini berlangsung mulai tanggal 1 – 11 April 2021 di Pakuwon Mall, Surabaya.
MUFFEST 2021 untuk kali pertamanya diadakan di luar Ibukota Jakarta, sebelumnya MUFFEST 2021 juga telah digelar di Hartono Mall, Yogyakarta pada 31 Maret kemarin.

Perhelatan MUFFEST 2021 diawali di Kota Kasablanka, Jakarta pada tanggal 18-28 Maret 2021, dan terkait dengan masih mewabahnya Covid-19, MUFFEST 2021 digelar menggunakan konsep hybrid serta diadakan di lima kota besar di Indonesia. Demi menekan angka penularan Covid-19, kegiatan MUFFEST 2021 yang dilakukan secara offline memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan peraturan Pemerintah. Selain itu juga, beberapa kegiatan fashion show dan talk show diadakan secara virtual agar dapat dijangkau oleh masyarakat lebih luas.

Kegiatan MUFFEST kali ini bertujuan untuk memantapkan eksistensinya sebagai event fashion muslim terbesar. Selain itu, terselenggaranya MUFFEST 2021 juga diharapkan bisa memberikan peluang besar bagi desainer Indonesia untuk mempromosikan karya-karyanya di mata dunia. Ini merupakan salah satu usaha menjadikan Indonesia sebagai kiblat muslim dan modest wear dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Branch Manager of Dyandra Promosindo, Agustien Dyah Ekawati dalam Konferensi Pers MUFFEST Surabaya 2021.

GENERAL SBY
MUFFEST SURABAYA

“Dyandra dan IFC selalu berkomitmen untuk mendorong kreativitas anak bangsa dalam menciptakan produk lokal dengan standar, mutu, dan kreasi yang dapat bersaing di mancanegara. Dengan begitu, MUFFEST akan memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Agustien, Jumat (2/4/2021).

Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, juga mengatakan, pemilihan lima kota besar di Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan MUFFEST bukan tanpa alasan. Pasalnya, MUFFEST telah ditargetkan dapat membantu industri fashion tidak hanya di Jakarta, tetapi juga daerah-daerah potensial lainnya di Indonesia.

Melalui MUFFEST, pelaku serta pengguna fashion juga diajak untuk menyadari pentingnya konsep sustainable fashion yang telah diangkat menjadi tema besar penyelenggaraan MUFFEST 2021. Salah satu bentuk implementasinya adalah dengan memanfaatkan koleksi-koleksi lama dari para desainer untuk dipamerkan dalam acara MUFFEST 2021 di Surabaya.

Ali Charisma selaku National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) juga menambahkan “Kami mengupayakan MUFFEST tetap terselenggara untuk membantu pelaku mode muslim. Bukan berarti mengabaikan pandemi yang belum berakhir, dan kita respek terhadap peraturan Pemerintah, namun kita harus bisa survive, berusaha, bergerak, untuk menjalankan roda ekosistem mode nasional.”

MUFFEST 2021 untuk pertama kalinya diselenggarakan secara hybrid di lima kota besar, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung sebagai solusi di tengah pandemi demi membantu keberlangsungan para pelaku bisnis fashion di Indonesia, mulai dari desainer hingga UMKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here