Muncul Varian Virus Baru di Australia, Apakah Vaksin Masih efektif Melawan Varian Baru Lambda?

1
79
Virus Corona Lambda
Virus Corona Lambda


Portal berita abc.net.au melaporkan munculnya varian virus baru di Australia (06/07/2021) yang dinamai L452Q Lambda. Penelitian yang telah dilakukan juga menemukan tanda-tanda bahwa mutasi lonjakan unik Lambda dapat membantunya melewati respons kekebalan tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa vaksin CoronaVac menghasilkan lebih sedikit antibodi penetralisir – protein yang mempertahankan sel terhadap infeksi – sebagai respons terhadap varian Lambda. Namun menurut Paul Griffin, spesialis penyakit menular dan vaksin di University of Queensland, mengingatkan bahwa antibodi ini hanyalah salah satu aspek kekebalan. “Kami tahu bahwa [antibodi penetralisir] hanya menceritakan sebagian dari cerita,” kata Dr Griffin, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.
CoronaVac menggunakan versi SARS-CoV-2 yang tidak aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, Pfizer berisi satu untai kode genetik yang membangun protein lonjakan virus, sementara AstraZeneca berisi untai ganda.

Dr Griffin juga menambahkan bahwa vaksin nonaktif yang lebih tradisional seperti CoronaVac telah terbukti kurang efektif secara keseluruhan daripada yang lain. “Sebagai kategori yang luas, yang tidak aktif sedikit mengecewakan, terutama dibandingkan dengan yang lain yang memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi,” kata Dr Griffin.
Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang seberapa efektif vaksin Pfizer dan AstraZeneca terhadap Lambda, tanggapan mereka terhadap varian Delta dapat memberikan petunjuk. Sebuah studi baru-baru ini dari Inggris menemukan bahwa dua dosis baik Pfizer atau AstraZeneca lebih dari 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap karena varian Delta.

australia
australia

Haruskah Australia khawatir?
Meskipun hanya ada satu kasus Lambda yang tercatat di karantina hotel di Australia sejauh ini, ada baiknya mengawasi kemunculan dan penyebaran varian SARS-CoV-2 di seluruh dunia, kata Dr Short. “Ada alasan mengapa ini adalah varian yang kami tonton dan lihat lebih lanjut, tapi itu jelas bukan pada titik panik atau semacamnya.”
“Itu jelas bukan apa yang kita lihat,” tetapi karena semakin banyak orang yang terinfeksi, semakin besar kemungkinan virus tersebut berevolusi menjadi varian baru. Kita akan melihat varian muncul terus-menerus. Ini tidak mengejutkan dan kita mungkin akan kehabisan huruf alfabet Yunani.”

“Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan fokus untuk membuat lebih banyak orang divaksinasi, tidak hanya di Australia, tetapi juga secara global. Yang harus ditekankan kepada semua orang adalah bahwa kita membutuhkan upaya global dalam kampanye vaksinasi,” kata Dr Short.

Referensi : https://www.abc.net.au/news/health/2021-07-06/what-we-know-about-the-lambda-variant/100267978

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here