Review Realme 8 5G : Smartphone 5G Canggih dengan Harga Terjangkau

2
21
Realme 8 5G
Realme 8 5G

Smartphone 5G kini sudah mulai meramaikan pasar smartphone di tanah air, terlebih lagi dengan hadirnya beberapa brand yang membawa smartphone 5G dengan harga yang relative terjangkau. realme menjadi salah satu vendor smartphone pertama yang menghadirkan smartphone 5G dengan harga yang terjangkau. Dibanderol dengan harga Rp.3 jutaan, tidak berarti realme menurunkan spesifikasi dari smartphone 5G terbarunya. Realme 8 5G yang dijuluki sebagai The Most Affordable 5G Phone for Everyone ini hadir dengan performa yang mumpuni.

Realme 8 5G menjadi smartphone 5G pertama yang menggunakan prosesor generasi 5G terbaru. Tidak hanya itu, pengguna Realme 8 5G di Indonesia juga bisa menikmati fitur NFC dan memiliki mode Smart 5G Power Saving dengan harga yang terjangkau. Lalu, inovasi apalagi yang ditawarkan oleh realme 8 5G ini?

Realme 8 5G hadir dengan dua varian warna yaitu Supersonic Black dan Supersonic Blue dan dibanderol dengan harga Rp3.199.000. Pada penjualan perdananya smartphone 5G ini dijual dengan harga spesial Rp2.999.000. Realme 8 5G telah tersedia di seluruh Indonesia sejak 26 Juni 2021.

Spesifikasi Realme 8 5G
Realme 8 5G tidak hanya menonjolkan konektivitas jaringan 5G, smartphone ini juga menawarkan deretan spesifikasi yang cukup mengesankan. Menggunakan smartphone 5G tentunya harus didukung dengan baterai besar. Oleh karenanya, Realme 8 5G menyematkan baterai jumbo berkapasitas 5.000mAh, dengan pengisian cepat 18W menggunakan konektor tipe-C jadi smartphone ini bisa terisi penuh dengan cepat.

Demi melengkapi konektivitas 5G yang membutuhkan konsumsi daya lebih, Realme 8 5G dibekali oleh Smart 5G Power Saving. Fitur ini juga mampu mengidentifikasi kekuatan sinyal di sekitarnya dan membantu peralihan antara 4G dan 5G tanpa jeda waktu peralihan, sehingga menghasilkan konsumsi daya 30% lebih rendah daripada smartphone tanpa fitur Smart 5G.

Beralih ke sektor prosesornya, realme 8 5G ditenagai oleh Dimensity 700 5G yang dimana ini merupakan prosessor 5G generasi terbaru. Oleh karena itu Realme 8 5G menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan chipset ini. Hadirnya chipset ini memperkuat slogan Realme 8 5G yaitu “5G Fast Speed to Infinity”.

Dimensity 700 5G menggunakan prosesor produksi 7nm terbaru, yang lebih hemat daya hingga 28% daripada proses 8nm yang setara. Ini memungkinkan Dimensity 700 5G dapat menggunakan prosesor berkinerja tinggi sambil hanya menyedot daya, serta memperpanjang masa pakai baterai jadi penggunanya bisa tetap terhubung lebih lama. Dimensity 700 menghadirkan GPU yang kuat, dengan kecepatan clock 950MHz, serta mendukung teknologi layar Ultra Smooth dengan kecepatan refresh rate tinggi 90Hz.

Realme 8 5G dilengkapi dengan kamera utama 48MP Nightscape, lensa B&W dan lensa makro. Untuk kamera selfienya, sebesar 16MP Ultra-clear yang dapat memenuhi kebutuhan selfie dengan aperture F2.0, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dan masih banyak lagi.

Realme 8 5G dilengkapi memori 8GB + 128GB dengan 3 slot kartu yang terdiri dari 2 kartu SIM dan sebuah kartu Micro SD (hingga 1TB). Satu lagi inovasi yang realme hadirkan di realme 8 5G ini adalah teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE) yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM.

Realme 8 5G juga sudah mendukung 5G Dual SIM Dual Standby, memungkinkan smartphone mendukung kartu SIM 5G online melalui jaringan 5G. Selain itu, prosesornya mendukung SA/NSA dan mencakup pita frekuensi 5G mainstream. Teknologi Akselerasi Jaringan Ganda yang canggih dapat menangkap jaringan Wi-Fi dan 5G lebih baik.

Realme 8 5G diklaim sebagai smartphone 5G tertipis di segmennya ini memiliki ketebalan sebesar 8,5mm dengan bobot 185gr. Untuk keamanannya, realme 8 5G punya fitur pemindai sidik jari samping, yang secara cerdas menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya dengan sekali tekan, smartphone akan langsung terbuka dan juga memberikan keamanan lebih.

Realme 8 5G mendukung Realme UI 2.0 yang berbasis Android 11, UI ini dirancang dengan mempertimbangkan preferensi dan estetika penggunanya yang umumnya kaum muda.

Smartphone 5G terbaru dengan harga yang terjangkau ini menjadi produk 5G yang bisa dimiliki oleh semua kalangan. Selain NFC, penggunaan chipset yang memungkinkan penggunanya menggunakan dua nomor 5G secara simultan dalam satu waktu. Fiitur Smart 5G yang ada mampu menghemat baterai, dan juga fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) ditawarkan dengan harga dibawah 3 juta.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here