Android 12 Mengembalikan Tradisi Nama Makanan Penutup Dengan ‘Snow Cone’

0
75
Android 12
Android 12

Android 12 ‘Snow Cone’ menjadi versi Android pertama dalam beberapa tahun terakhir yang mendapatkan nama khusus bertema makanan penutup.

Salah seorang eksekutif di Google mengungkapkan di Twitter mengenai Android 12 yang diberi kode nama ‘Snow Cone’. Tren memberi nama makanan penutup ke versi Android baru bukanlah hal baru karena Google menggunakan judul seperti Ice Cream Sandwich, Marshmallow, dan Nougat di masa lalu.

Namun, kebiasaan itu diubah dengan rilis Android 10 pada 2019 karena perusahaan kemudian memutuskan untuk menggunakan urutan numerik untuk memanggil rilis Android barunya. Android 12 dirilis pada hari Senin sebagai sistem operasi terbaru dari rumah Google, yaitu beberapa bulan setelah melalui pengujian di bawah berbagai pratinjau pengembang dan versi beta.

Wakil Presiden Teknik Google untuk Android; Dave Burke pada hari Senin mengumumkan melalui Twitter mengenai Snow Cone. Nama Snow Cone digunakan sebagai untuk Android 12. Ini telah menjadikan sistem operasi Android terbaru yang pertama dalam beberapa tahun terakhir untuk mendapatkan nama khusus bertema makanan penutup — setelah sebelumnya Android Pie yang ditugaskan ke rilis utama kesembilan dari platform seluler.

Seperti dicatat oleh Android Central, judul Snow Cone pertama kali muncul pada bulan Februari yang lalu, meskipun tidak mendapat liputan yang cukup karena Google telah meninggalkan penggunaan nama makanan penutup untuk versi Android barunya pada tahun 2019.

Namun demikian, keluarga Android memang membawa nama makanan penutup secara internal karena Android 11 tampaknya disebut Red Velvet Cake di antara pengembang Google. Android 10 juga disarankan untuk disebut Queen Cake oleh Burke, sebelum membuang skema penamaan bertema makanan penutup.

Versi stabil Android 12 dirilis di Android Open Source Project (AOSP) pada hari Senin. Tidak lama setelah peluncurannya, produsen smartphone termasuk Oppo, OnePlus, dan Realme juga telah mengkonfirmasi rilis skin kustom mereka berdasarkan versi Android terbaru. Namun untuk smartphone Google Pixel belum menerima adanya pembaruan.

Dirinci pada konferensi pengembang I/O Google pada bulan Mei setelah pratinjau pengembang awal yang dirilis pada bulan Februari, Android 12 menghadirkan bahasa desain ‘Material Anda’ yang semuanya baru. Ini juga membawa opsi privasi baru, izin lokasi perkiraan baru dan indikator di layar untuk memperingatkan pengguna saat mikrofon atau kamera internal ponsel sedang digunakan. Ada kemajuan seperti cara seperti iOS untuk memilih keluar dari pelacakan iklan yang akan tersedia akhir tahun ini.

Google juga telah mengoptimalkan pengalaman pengguna secara keseluruhan di Android 12 dengan efisiensi daya yang lebih baik dan kinerja CPU yang juga jauh lebih baik. Penggunanya juga akan mendapatkan pembaruan termasuk transisi audio yang lebih halus dan bayangan pemberitahuan yang ditingkatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here