Cegah Foundation Oksidasi dengan 5 Tips Sederhana Ini

3
92
Oksidasi Foundation
Tips Cegah Oksidasi Foundation

Babes, pasti sudah akrab dong dengan istilah oksidasi? Yep oksidasi adalah keadaan dimana pigmen dan minyak pada wajah bereaksi karena pengaruh udara, sehingga terjadi perubahan warna menjadi lebih gelap. Oksidasi pada foundation biasanya terjadi beberapa jam setelah pengaplikasian foundation, yang kemudia membuat kulit wajah menjadi lebih gelap dan kusam. Padahal, ketika awal pakai foundation-nya, masih aman-aman aja. Nah, reaksi perubahan warna menjadi lebih gelap ini membuat foundation seakan jadi tidak menyatu dengan warna kulit, inilah yang disebut oksidasi.
Lalu apa sih penyebab oksidasi pada foundation? Sebenarnya hal ini wajar terjadi dikarenakan adanya reaksi kandungan yang ada di dalam foundation tersebut. Jadi tidak perlu terlalu panik, berikut ini lima tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya oksidasi foundation.

  1. Gunakan skincare
    Yes, skincare adalah kunci. Kulit wajah yang sehat butuh skincare, ini akan menjaga kulit tetap lembap, glowing dan sehat. Ingat, kulit yang sehat dan lembap membuat foundation teraplikasikan dengan sempurna alias “ngeblend”.
  2. Gunakan primer sebagai base makeup
    Setelah menggunakan skincare, gunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation. Primer berfungsi sebagai penghalang antara kulit dengan foundation yang akan digunakan. Primer juga akan membantu mencegah foundation bereaksi dengan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit wajah.
    Oh yah, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, primer juga bagus untuk menjaga makeup tidak mudah luntur, loh. Menggunakan primer sebagai primer akan meminimalisir terjadinya oksidasi.
  3. Pilih shade foundation yang lebih terang
    Pilihlah shade foundation yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit asli kamu, yah.
    Karena ketika foundation mengalami oksidasi, foundation akan berubah menjadi lebih gelap, dengan memilih shade yang lebih terang maka warna foundation bisa lebih cocok dengan warna kulit asli kamu.
  4. Set foundation dengan loose powder
    Nah, setelah menggunakan foundation, set foundation dengan loose powder. Fungsinya adalah untuk melapisi foundation, dan meminimalisir udara yang hendak menempel di foundation. Jadi, foundation kamu tidak mudah teroksidasi.
    Pilih shade loose powder yang senada dengan foundation kamu, jangan pilih yang lebih gelap, karena hasilnya bisa bikin kulit kamu jadi lebih kusam atau lebih kecokelatan. Untuk pengaplikasiannya, gunakan powder brush dan pakai sedikit demi sedikit, jangan langsung terlalu banyak, ini untuk menghasilkan tampilan yang halus dan natural.
  5. Simpan foundation dengan baik
    Last but not least, simpan foundation di tempat yang jauh dari sinar matahari, agar kandungan dan warna yang ada di dalamnya tidak rusak atau berubah. Posisikan meja rias kamu tidak berada di dekat jendela kamar, atau selalu letakkan foundation di dalam drawer. Formula foundation bisa berubah akibat paparan matahari dan suhu yang panas, yang akhirnya bikin foundation teroksidasi.
    Oh yah, apabila kamu menggunakan sponge atau brush ketika mengaplikasikan foundation, selalu ingat untuk menjaga kebersihannya. Rutinlah mencucinya 2-3 kali dalam seminggu. Peralatan makeup yang bersih akan meminimalisir terjadinya oksidasi.

Nah, itu dia lima tips sederhana untuk mencegah oksidasi foundation, kamu bisa mencobanya mulai dari sekarang ya!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here