Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13

0
121
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple IPhone 13
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple IPhone 13


Samsung akhirnya meluncurkan smartphone layar lipat vertikal generasi terbaru di tahun 2022 yaitu Galaxy Z Flip4.

Seperti smartphone sebelumnya di jajaran Galaxy Z Flip, versi terbaru merupakan smartphone berukuran kompak dan memiliki model yang dapat dilipat dua. Ini adalah fitur nostalgia yang menghadirkan beberapa fungsionalitas tambahan untuk bisa meningkatkan pengalaman pengguna. Dan pesaing ketat dari Samsung adalah iPhone yang di tahun ini juga telah meluncurkan seri Apple iPhone 13. Lalu, apakah Samsung Galaxy Z Flip4 lebih layak dibeli dibandingkan Apple iPhone 13 ? Yuk temukan jawabannya melalui artikel perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 di bawah ini.

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13
Berikut ini merupakan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 yang kita bahas dari segi desain, tampilan layar, performa, daya tahan baterai dan kameranya.

Desain dan Tampilan Layar
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 paling jelas terletak pada desainnya. Saat model smartphone Samsung mempunyai layar lipat yang unik, iPhone 13 masih menggunakan desain klasik yang banyak digunakan di smartphone lain yang ada di pasaran.

Desain layar lipat Galaxy Z Flip4 tidak hanya membuat smartphone ini lebih ringkas yang akan membuat pengguna dapat dengan mudah membawanya, tetapi juga menawarkan sejumlah kegunaan lain.
Secara khusus, pengguna bisa melipat smartphone dengan berbagai sudut. Kemudian menggunakan bagian atasnya sebagai jendela bidik serta mengontrol sudut pengambilan gambar, di semua antarmuka kamera seperti tombol rana, gambar pratinjau, filter (efek) ditempatkan di sisa layar.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melipat smartphone dengan sudut lipat yang sesuai untuk diletakkan di atas meja untuk mempermudah menonton film atau melakukan panggilan video tanpa memegang smartphone di tangan.

Sementara itu, iPhone 13 mempunyai tampilan desain yang mewah dengan menggunakan layar notch, bingkai aluminium berkualitas tinggi dan kaca belakang yang mengkilap, tetapi jujur saja, desain smartphone ini tidak semenarik saingannya Samsung Galaxy Z Flip4.

Dari segi kualitas tampilan layar, Samsung telah membekali Samsung Galaxy Z Flip4 dengan layar utama berukuran 6,7 inci dengan kecepatan refresh variabel 120Hz. Secara teknis, layarnya menggunakan panel AMOLED Dinamis 2X dengan resolusi 2.640 x 1.080 dan memiliki kerapatan piksel 426ppi.

Tentu saja, layarnya juga bisa dilipat menjadi dua agar smartphone lebih mudah digunakan. Selain itu, Samsung Galaxy Z Flip4 juga mempunyai layar sekunder dengan ukuran 1,9 inci di bagian belakang, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses utilitas, membalasan pesan dengan lebih cepat, melakukan selfie dan menggunakan Samsung Wallet.

Sedangkan iPhone 13 telah dibekali layar OLED yang sudah support resolusi 1.170 x 2.532 piksel dan HDR10, sehingga kualitas tampilan layar tidak kalah dengan Galaxy Z Flip4. Namun, dalam hal fungsional, smartphone Samsung masih sedikit lebih baik dibandingkan iPhone 13.

Performa
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 selanjtunya dari segi performa. Samsung Galaxy Z Flip4 ditenagai menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Ini merupakan prosesor octa-core yang dibangun pada proses 4nm untuk menghasilkan kinerja yang sangat kuat, dilengkapi dengan RAM 8GB, dan memiliki pilihan memori internal 128GB/256GB/ 512GB.

Sementara itu, iPhone 13 telah ditenagai menggunakan chip A15 Bionic yang kuat, mempunyai RAM 4GB dan terdapt pilihan memori internal 128GB/256GB/512GB. Meski hanya mempunyai RAM setengah dari kompetitornya, kinerja iPhone Apple tidak akan kalah cepat dan bahkan sangat handal saat menangani semua tugas penggunaan sehari-hari.

Daya tahan baterai
Kemudian Perbandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 berikutnya daris egi daya tahan baterai. Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai baterai berkapasitas 3.700 mAh, lebih besar dibandingkan baterai 3.300 mAh yang digunakan pada generasi sebelumnya.

Tidak seperti Apple, Samsung tidak menilai baterainya berdasarkan waktu penggunaan. Itu sebabnya iPhone 13 hanya mempunyai baterai kapasitas 3.227 mAh, tetapi kapasitas baterai ini masih menjanjikan waktu penggunaan yang lebih baik dibandingkan dengan Galaxy Z Flip4, karena sudah lebih dari cukup untuk memenuhi penggunaan selama seharian.

Dalam hal teknologi pengisian daya, smartphone Samsung telah mendukung fast charging 25W melalui port USB-C, serta fast charging nirkabel 15W dan pengisian terbalik nirkabel 4,5W. Sedangkan IPhone 13 sudah mendukung fast charging dengan kapasitas maksimum 23W, pengisian nirkabel MagSafe 15W dan tidak memiliki pengisian daya terbalik.

Kamera
Terakhir, kita bandingkan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 dari segi kualitas kamera. Dalam hal fotografi, baik Samsung Galaxy Z Flip4 dan iPhone 13 mempunyai sistem kamera ganda di bagian belakang, termasuk sensor utama 12MP dan lensa 12MP untuk pemotretan sudut super lebar.

Oleh karena itu, kualitas gambar kedua smartphone Samsung dan iPhone ini tidak akan terlalu jauh berbeda dan sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi seluler pengguna saat ini.
Di bagian kamera depan, iPhone 13 dibekali kamera selfie 12MP besutan Apple, sedangkan Kamera depan di Samsung Galaxy Z Flip4 menggunakan resolusi 10MP. Secara khusus, pengguna smartphone Samsung juga bisa menggunakan sistem kamera belakang untuk mengambil foto selfie berkat layar belakang sekunder smartphone dengan mode lipat.

Kesimpulan
Berdasarkan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Apple iPhone 13 di atas. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Z Flip4 melakukan apa yang tidak dapat dilakukan iPhone 13, yaitu kemampuan melipat layar menjadi dua.

Oleh karena itu, jika Kamu mencari smartphone dengan desain yang unik, banyak fitur menarik untuk digunakan, maka jelas smartphone dari Samsung akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Sedangkan IPhone 13 merupakan pilihan yang tepat jika kamu mencari smartphone yang bisa digunakan dengan baik selama 3-4 tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here