Cara Membersihkan dan Merawat Eksterior Mobil yang Benar

0
119
Cara Membersihkan dan Merawat Eksterior Mobil yang Benar
Cara Membersihkan dan Merawat Eksterior Mobil yang Benar

Walau layanan cuci mobil sudah jamak ditemukan, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan dan merawat eksterior mobil yang benar.

Hai babes, apakah kamu termasuk yang sering menggunakan mobil untuk beraktivitas di luar rumah? Nah, kalau kamu cukup sering menggunakan mobil, berarti kamu harus memberikan perawatan ekstra untuk mobil kesayangan kamu, yah.

Pasalnya selama beraktivitas di luar, pastinya ada banyak kotoran, debu, kotoran, serta partikel halus di jalanan yang mudah menempel di permukaan mobil kamu. Apabila dibiarkan, kotoran tersebut mampu membuat warna mobil memudar, loh. Pasti kamu tidak mau kan? Nah, solusinya kamu bisa menerapkan tips cara membersihkan dan merawat eksterior mobil yang benar berikut ini.

TYT 665B Venturer DPNnameplate
Cara Membersihkan dan Merawat Eksterior Mobil yang Benar

Cara Membersihkan dan Merawat Eksterior Mobil yang Benar

Ternyata membersihkan dan merawat eksterior mobil sama pentingnya dengan merawat interior mobil, loh. Jadi jangan hanya berfokus pada perawatan interior mobil saja, ini penting untuk menjaga mobil tetap bersih, keren dan tentunya memiliki harga jual yang tetap baik apabila kamu berencana untuk menjualnya kembali.

Saat ini memang sangat mudah menemukan tempat cuci mobil yang modern dan bagus, namun penting juga untuk tahu cara membersihkan dan merawat eksterior mobil yang benar. Jadi apabila kamu tidak bisa keluar untuk mencuci mobil, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Cuci dalam keadaan dingin
Pertama-tama pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin ketika akan dicuci, tujuannya agar bagian eksterior mobil tetap terawat. Jika mesin mobil masih panas lalu disiram dengan air, mobil bisa mengalami masalah dan warna bodi yang memudar. Begitu Pula dengan bagian knalpot, apabila disiram ketika masih panas juga bisa menyebabkan perubahan warna.

2. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung
Langkah yang kedua adalah hindari terkena cahaya matahari langsung ketika mencuci mobil, pilihlah tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. Mengapa harus menghindari sinar matahari langsung? Fyi nih, sinar matahari mampu mengeringkan busa sabun secara cepat. Apabila busa sabun mongering, maka akan menjadi kerak, nah inilah yang bisa merusak lapisan cat mobil kamu.

Sebaiknya mencuci mobil dilakukan pada pukul delapan pagi atau jam lima sore, yah. Ini bertujuan agar mobil terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

3. Gunakan sabun khusus
Cucilah mobil secara rutin minimal seminggu sekali menggunakan sabun khusus untuk menghilangkan kotoran di bodi mobil. Gunakan produk sabun yang menghasilkan busa yang lembut. Untuk caranya penggunaannya, cukup tuangkan sabun di spons yang basah, kemudian bersihkan bagian eksterior mobil dengan lembut. Pastikan sabun yang digunakan memiliki tingkatan pH seimbang, minimal mendekati tujuh..

Selain menggunakan sabun khusus, bersihkan eksterior mobil dengan clay bar. Clay bar berfungsi untuk mengangkat kotoran dan kotoran yang menempel di permukaan bodi mobil secara efektif pada lapisan cat terluar.

4. Tutup rapat pintu dan jendela ketika mobil dicuci
Tips keempat, ketika mencuci mobil pastika pintu dan jendela tertutup rapat, yah. Ini bertujuan agar air tidak masuk ke bagian interior mobil. Selain itu, bedakan tekanan air ketika akan menyemprotkan air. Untuk bagian seperti kolong mobil, kamu bisa semprotkan air dengan tekanan yang cukup kencang.

5. Keringkan mobil dengan benar
Setelah mobil selesai dicuci, pastikan keringkan mobil dengan cara yang benar. Agar eksterior mobil tetap terlihat baik, lap mobil dengan menggunakan kain yang lembut. Pastikan mobil benar-benar bersih dan kering.

Selain itu, pilihlah lap kanebo agar tidak menyebabkan goresan pada mobil. Jangan mengelap mobil dengan kain yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun menyimpan sejumlah partikel kecil yang bisa membuat cat mobil menjadi rusak.

Last but not least, janganlah menutup mobil yang masih basah dengan sarung atau selimut. Karena mobil basah mudah terkontaminasi noda, jadi jangan pernah memaksakan untuk menutup mobil ketika masih basah yah. Untuk beberapa mobil dengan bodi yang cukup besar seperti MPV membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeringkannya. Sayangkan kalau mobil MPV kamu yang keren, eksteriornya harus rusak karena salah perawatan. Jadi setelah dikeringkan dengan lap, parkirlah mobil di tempat yang teduh dan beratap lebar.

Nah, itu dia cara membersihkan dan merawat eksterior mobil yang benar. Cara tersebut bisa dengan mudah kamu lakukan dirumah. Lakukan rutin yah, agar mobil kamu tetap terlihat bersih, terawat dan mengkilap. Percaya deh, perjalanan kamu akan terasa lebih nyaman jika mobil yang digunakan bersih dan terawat, seperti Eksterior Toyota New Kijang Innova ini. Apabila dirawat dengan baik dan benar pasti akan memberikan prestigious feeling bagi penggunanya.

New Innova Super White
Innova Super White

Oh yah, untuk memastikan mobil kamu selalu dalam kondisi yang prima, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan rutin di Auto2000, yah. Bagi para pengguna mobil Toyota pasti sudah sangat mengenal bahwa Auto2000 pasti memberikan kualitas jasa perawatan rutin alias service yang memuaskan.

Tidak hanya melayani perawatan rutin saja, Auto2000 merupakan jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan serta penyediaan suku cadang Toyota yang manajemennya ditangani penuh oleh PT Astra International Tbk. Saat ini Auto2000 adalah main dealer Toyota terbesar di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, kemudian di tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.

Kini, Auto2000.co.id bertransformasi menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia dengan nama Auto2000 Digiroom. Para pengguna Auto2000 Digiroom kini dengan mudah bisa melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone.

Digiroom Auto200
Digiroom Auto2000

Aplikasi Auto2000 Mobile baru ini sangat memudahkan pelanggan untuk melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing). Nah benar kan, dengan Auto2000 Digiroom Urusan Toyota lebih mudah!​​​​​​​

​​​​

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here