Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra

0
89
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 Vs Galaxy S22+
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 Vs Galaxy S22+

Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy S22 Ultra merupakan dua smartphone Samsung yang paling high-end dan layak dibeli di tahun ini. Lalu bagaimana perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra dan mana yang lebih layak dibeli?

Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra, Mana yang Lebih Menarik?
Jadi ketika kamu ingin membandingkan kedua smartphone Samsung kelas atas ini, mana pilihan yang lebih baik untuk dibeli? Yuk temukan jawabannya bersama melalui artikel perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra di bawah ini.

Desain
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra pertama membahas tentang desainnya. Samsung Galaxy Z Fold4 adalah hp lipat kelas atas dan merupakan salah satu smartphone dengan teknologi luar biasa yang unik dari Samsung. Dengan generasi ke-4, Galaxy Z Fold benar-benar telah menyempurnakan detail terkecil dibandingkan seri terdahulunya. Engselnya telah dikurangi dan batas layar juga sangat tipis, sehingga memberikan tampilan keseluruhan yang solid dan rapi. Smartphone lupat ini tersedia dalam varian warna krem, abu-abu, dan hitam yang berkelas.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy S22 Ultra, merupakan kombinasi dari seri Galaxy S dan Galaxy Note, yang menghadirkan smartphone berdesain Note yang sangat bertenaga. Smartphone flagship Samsung ini mempunyai S-Pen built-in di dalam bodinya, sehingga akan memudahkan pengguna dalam menggunakan S-Pen. Warna pada Samsung Galaxy S22 Ultra terdiri dari varian warna hitam, merah, biru, dan putih.

Kedua Smartphone flagship Samsung ini dilindungi oleh teknologi terdepan seperti kaca Gorilla Victus+ untuk bagian depan dan belakang, bodi menggunakan aluminium Armor Aluminium yang kokoh dan dilengkapi fitur tahan air (IP68 dengan S22 Ultra, IPX8 dengan Z Fold4).

Layar
Berbicara soal perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra dari segi layar. Samsung Galaxy Z Fold4 lebih fleksibel karena hp ini merupakan hp lipat. Kamu akan mempunyai dua layar yang bisa digunakan keduanya. Layar bagian luar mirip dengan smartphone biasa dan ketika dibuka akan memiliki layar ultra lebar, yang bisa digunakan untuk multitasking dan pemrosesan pekerjaan dengan layar yang lebih nyaman dan efektif.

Secara khusus, Samsung Galaxy Z Fold4 telah dilengkapi dengan layar utama Dynamic AMOLED 2X QXGA+ 7,6 inci, mendukung kecepatan refresh adaptif 1Hz-120Hz, dan layar sekunder menggunakan resolusi FHD+ pada panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inciyang juga sudah support kecepatan refresh adaptif 48.-120Hz.

Kedua layar smartphone Samsung ini mempunyai kecerahan maksimum 1.000 nits. Selain itu, Samsung juga melakukan perubahan baru pada Galaxy Z Fold4 dibandingkan dengan Galaxy Z Fold3 karena telah mempunyai rasio layar baru yang lebih lebar, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman penggunaan layar yang lebih optimal.

Meskipun Samsung Galaxy S22 Ultra tidak mempunyai elemen desain lipat yang unik seperti Galaxy Z Fold4. Penampilan layar smartphone ini masih sangat mewah, menjanjikan untuk menarik perhatian pengguna pada pandangan pertama dengan layar melengkung yang luas serta menciptakan desain layar yang maskulin dan kokoh.

Dari segi spesifikasi detail layarnya, layar Samsung Galaxy S22 Ultra mempunyai panel Dynamic AMOLED 2X, menggunakan layar ukuran 6,8 inci, support resolusi 1.440 x 3.088 piksel dan memiliki kecepatan refresh adaptif 1-120Hz. Selain itu, model flagship terbaru Samsung Galaxy S mempunyai kecerahan yang jauh lebih tinggi yaitu 1.750 nits, sehingga akan memberikan visibilitas yang lebih baik ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Sekali lagi, membandingkan aspek layar sangat sulit dan kamu harus memutuskan sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkan smartphone 8 inci dengan rasio aspek yang unik atau kamu lebih suka menggunakan smartphone dengan layar 7 inci.

Kinerja dan Perangkat lunak
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra selanjutnya kita bahas adalah dari segi kinerja dan perangkat lunak yang digunakan. Ketika berbicara tentang kinerja dari Samsung S22 Ultra, smartphone ini telah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 dan Samsung Galaxy Z Fold4 telah menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1 . Performa Z Fold4 akan lebih kuat karena telah dibekali dengan chip yang telah diupgrade.

Secara khusus, Snapdragon 8+ Gen 1 mempunyai CPU dengan clock 3.2GHz yang meningkat 10% dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Tetapi, ini semua merupakan chip teratas pada tahun 2022, sehingga kinerjanya pasti akan sangat baik dibandingkan chipset lainnya. Keduanya hanya sedikit berbeda dan tidak jauh berbeda kinerja dan performanya. Jika kamu memilih smartphone untuk kinerja, maka Samsung Galaxy Z Fold4 atau Samsung Galaxy S22 Ultra keduanya sangat sempurna.

Dari segi perangakt lunak, kedua smartphone Samsung ini berjalan pada sistem operasi Android 12 dengan user interface Samsung OneUI. Namun, Samsung Galaxy Z Fold4 ditambahkan dengan beberapa fitur menarik untuk memanfaatkan layar lipat, fitur tersebut antara lain: Finger gestures, Recent apps, Tasks from recent apps, Drag dan Drop multitasking, dan Taskbar.

Kamera
Lanjut dengan perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra dari segi kamera. Jika pada lini Fold versi lama, kameranya kurang fokus, maka seri Fold4 terbaru telah dilengkapi dengan sistem kamera yang mirip dengan Galaxy S22. Karena itu, Kamera Galaxy Z Fold4 tidak kalah dengan Galaxy S22 Ultra. Sehingga, Galaxy Z Fold4 mempunyai cluster kamera 50MP (utama) + 12MP (ultra lebar) + 10MP (telefoto).

Di mana, kamera utama telah ditingkatkan dari dulunya hanya 12MP menjadi 50MP dengan ukuran piksel 2um. Sehingga kamera ini dapat membantu menangkap lebih banyak detail dan cahaya. Ditambah lagi dengan kamera telefoto 10MP mempunyai 3x optical zoom, dan fitur 30x space zoom.

Namun, kemampuan fotografi Z Fold4 masih satu tingkat lebih buruk dibandingkan Galaxy S22 Ultra karena smartphone Galaxy S22 Ultra mempunyai sistem 4 kamera di bagian belakang. Termasuk sensor utama 108MP, lensa 12MP untuk pemotretan sudut super lebar, dan Kamera telefoto 10MP mendukung zoom optik 3x dan ditambah dengan kamera telefoto lainnya yang dilengkapi dengan fitur zoom optik 10x serta zoom area 100x.

Namun, Samsung Galaxy Z Fold4 mempunyai teknologi kamera selfie yang lebih modern karena menggunakan mode desain kamera tersembunyi di bawah layar dibandingkan kamera selfie di Samsung Galaxy S22 Ultra.

Daya tahan baterai dan pengisian daya
Samsung telah membekali baterai kapasitas 4.400 mAh untuk Galaxy Z Fold4. Namun, smartphone ini mempunyai 2 layar jadi ini akan memiliki masa pakai baterai yang tidak terlalu mengesankan. Jadi, Samsung Galaxy S22 Ultra dengan kapasitas baterai 5.000 mAh lebih menjanjikan dalam hal waktu penggunaannya.

Dari segi pengisian daya, Samsung Galaxy S22 Ultra masih mempunyai keunggulan dibandingkan Samsung Galaxy Z Fold4, karena smartphone ini sudah support fast charging hingga 45W. Sedangkan Samsung Galaxy Z Fold4 hanya menggunakan fast charging 25W yang sama digunakan pendahulunya, Galaxy Fold3.

Kesimpulan
Sulit untuk mengatakan smartphone mana yang lebih baik dan layak dibeli, karena dari perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy S22 Ultra di atas kedua smartphone ini melayani kebutuhan yang berbeda.

Samsung Galaxy Z Fold4 seperti tablet yang bisa dilipat untuk multitasking yang lebih baik, sedangkan Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan flagship konvensional super premium dengan kualitas kamera yang lebih baik.

Jadi smartphone flagship Samsung mana yang akan dipilih akan tergantung pada preferensi kamu, apakah kamu lebih suka smartphone cerdas biasa atau smartphone lipat yang canggih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here