Kereta Cepat Bandara, Bukti Indonesia Sudah Di Rel Yang Tepat Menuju Negara Modern

0
672
kereta cepat bandara
kereta cepat bandara

Indonesia kini boleh semakin berbangga diri, karena kini telah memiliki Kereta Cepat Bandara. Tepat pada tanggal 2 Januari 2018 yang lalu Bapak Presiden kita, Joko Widodo telah melakukan peresmian kereta cepat bandara atau yang biasa disebut dengan Railink. Kereta cepat ini melayani perjalanan khusus para penumpang yang ingin langsung menuju Bandara Soekarno Hatta.

Kereta Cepat Bandara ini beroperasi dari Stasiun Sudirman Baru atau BNI City, di mana stasiun ini berjarak kurang lebih 100 meter dari Stasiun Sudirman Jakarta, lalu Kereta Cepat Bandara kemudian menuju Stasiun Batu Ceper dan berakhir di Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Sesuai rencana kedepannya, apabila seluruh infrastruktur sudah siap, Kereta Bandara ini akan berangkat dari Stasiun Manggarai lalu ke Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan berakhir di Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Stasiun Sudirman Baru yang mewah dan modern

Rupanya pemerintah tidak main-main dengan proyek Kereta Bandara ini, terlihat dari kesiapan stasiun dan keretanya yang sangat modern dan canggih.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara

Stasiun Sudirman Baru dibuat sangat mewah dan modern. Lobby antar jemputnya terletak di lantai satu dan tertata sangat rapi. Begitu memasuki stasiun kita akan disajikan dengan penampilan sebuah stasiun yang modern, bersih dan mewah.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Stasiun ini dilengkapi dengan beberapa gerai restoran dan juga lounge yang sangat nyaman untuk menunggu kereta yang datang. Toilet pun ditata dengan baik serta terlihat bersih. Stasiun ini juga dilengkapi dengan mushalla yang terletak di lantai dua.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Untuk tiket Kereta Bandara ini dapat dibeli di lantai dua, jadi kita harus naik travelator dulu untuk sampai ke atas. Tiket yang dijual pun menggunakan mesin tiket otomatis, dan penumpang tidak perlu khwatir, karena terdapat banyak mesin tiket otomatis di setiap sudut dan tentunya ada beberapa petugas yang akan membantu mengarahkan.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Mesin tiket otomatis ini untuk sementara menerima pembayaran dengan 2 cara, yaitu dengan kartu debit dan kredit. Jadi mesin ini tidak menerima pembayaran dengan uang tunai yah. Selain di mesin otomatis, para calon penumpang juga bisa membeli tiket Kereta Bandara melalui aplikasi ponsel dan melalui website PT. Railink. Jadi total ada 3 cara pembelian tiket Kereta Bandara.

Untuk memenuhi mobilitas para penumpangnya, Kereta Bandara ini memiliki jadwalnya yang banyak jadi para penumpang bisa fleksibel dalam memilih jam keberangkatan, dan pastinya lebih efisien dalam waktu.

Untuk menaiki kereta penumpang dapat turun ke lantai paling dasar, dan tidak berbeda jauh dengan di stasiun kereta pada umumnya, sebelum masuk ke dalam area tunggu, para calon penumpang harus melewati gate. Para calon penumpang juga harus memindai bar code yang ada di kertas tiket yang sudah dibeli sebelumnya.

 

Kecanggihan Kereta Cepat Bandara

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Tidak seperti kereta pada umumnya yang ada di Indonesia, Kereta Cepat Bandara memiliki design yang aerodinamis dan modern. Interior dalamnya juga sangat keren. Disain interiornya didominasi dengan warna putih, silver, hitam dan kuning untuk pegangannya. Kursi-kursi yang nyaman ditata rapi berderet. Sandaran kursi nya pun bisa di atur untuk kenyamanan para penumpang. Di setiap kursi pun tertanam USB port, jadi para penumpang bisa melakukan pengisian daya untuk gawainya.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Di setiap sudut rangkaian kereta tersedia tempat atau kompartemen untuk meletakan koper atau tas, begitu juga di atas tempat duduk, ada juga kompartemen yang bisa ditempatkan koper atau tas ukuran kecil.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Untuk toilet, kereta cepat ini memiliki toilet terpisah untuk pria dan wanita. Toilet gerbong juga dibuat mirip dengan toilet di pesawat terbang, dengan fasilitas flush jet dan meja khusus untuk mengganti pakaian bayi.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Tiap rangkaian kereta juga di lengkapi dengan empat buah layar LCD yang berfungsi tidak hanya memberikan hiburan tapi juga informasi mengenai posisi kereta berada.

 

Nyamannya Stasiun Bandara Soekarno Hatta

Pemberhentian akhir Kereta Cepat Bandara adalah Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Stasiun ini terkoneksi langsung dengan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Untuk penumpang yang ingin menuju Terminal 3, bisa langsung menggunakan fasilitas Sky Train, dan pastinya gratis jadi penumpang tidak perlu membayar lagi.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Tidak berbeda jauh dengan Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Bandara Soekarno Hatta juga di desain sangat mewah dan juga modern. Begitu turun dari kereta cepat, para penumpang akan berjalan melalui lorong yang nyaman dan melewati gate otomatis. Kemudian akan langsung terlihat suasana stasiun yang sangat nyaman dan bersih. Stasiun ini didesain tanpa penyekat sehingga terlihat luas dan besar. Di sisi kiri dan kanan terdapat lounge untuk penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan kereta. Petugas pun banyak yang siaga yang tentunya untuk membantu para penumpang. Terdapat juga toilet dan mushala yang bersih dan nyaman.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Secara keselurah fasilitas yang diberikan sangat memuaskan, stasiun yang mewah, bersih dan modern serta kereta yang sangat nyaman untuk perjalanan jauh.
Selain kemewahan dan kenyaman yang diberikan, di setiap stasiun juga terdapat gerai makanan dan minuman yang beragam, toilet yang bersih, serta mushalla yang nyaman. Para petugasnya juga sangat ramah dan informatif. Satu lagi, lokasi stasiunnya juga sudah terintegerasi dengan kendaraan umum lainnya. Contohnya Stasiun Sudirman Baru bisa diakses dengan bus Transjakarta Koridor 1, kedepannya juga kini tengah disiapkan akses langsung dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun Sudirman Baru.

Berikut ini beberapa fakta mengenai Kereta Cepat Bandara :
1. Harga tiket Kereta Bandara adalah Rp. 70.000,- resmi pada 2 Januari 2018.
2. Kereta Bandara ini dibuat oleh PT. INKA dengan mesinnya buatan Swedia dan interiornya buatan China.
3. Kereta Bandara melaju dengan kecepatan 80 km/ jam. Waktu tempuh diperkirakan 40 – 55 menit dari Stasiun BNI City ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta.
4. Kereta Bandara terdiri dari 12 rangkaian kereta, tiapp rangkaian kereta terdiri dari 42 kursi. Di setiap rangkaian kereta memiliki kamera pengawas dan detector asap.
5. Toilet di Kereta Bandara mirip dengan toilet di pesawat, dan terpisah antara toilet wanita dan pria.
6. Jadwal keberangkatan pertama Kereta Bandara dimulai dari pukul 03.21 WIB dari Stasiun BNI City, dan kereta terakhir berangkat dari Stasiun Soekarno Hatta pada pukul 22.51 WIB.

Kereta Cepat Bandara
Kereta Cepat Bandara Area Cewe

Nah itu dia ulasan mengenai Kereta Cepat Bandara yang baru diresmikan oleh Presiden kita Bapak Joko Widodo pada tanggal 2 Januari 2018 kemarin.
Pastinya tertarik kan mau mencoba Kereta Cepat Bandara ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here