3 Manfaat Menggunakan Kaos Kaki Untuk Kesehatan

0
527
Manfaat mengenakan kaos kaki
Coffee - pixabay

Kaos kaki atau kain pelapis yang digunakan di kaki pasti sudah sangat akrab di telinga kita. Mungkin ada juga sebagian dari kita yang tidak bisa lepas dari kaos kaki.

Umumnya kaos kaki terbuat dari bahan katun, wool, spandek, nylon dan polyester. Sedangkan bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kaos kaki adalah bahan katun combed 20s, dikarenakan bahan ini lebih nyaman saat digunakan.

Benda yang satu ini ternyata tidak hanya berfungsi sebagai alas kaki sebelum menggunakan sepatu loh. Ternyata kaos kaki memiliki banyak sekali kegunaan, di antara adalah manfaat untuk kesehatan kita. Mau tahu apa saja fungsi kaos kaki bagi kesehatan kita? Yuk silakan simak ulasan berikut ya.

1. Pelindung Kaki Dari Bakteri dan Jamur

Manfaat mengenakan kaos kaki
Girl – pixabay

Keberadaan jenis virus dan bakteri pada jaman sekarang makin beragam, belum lagi penyebarannya kini makin mudah. Selain melindungi kaki dari debu dan polusi, penggunaan kaos kaki di tempat umum ternyata dapat membantu kita terhindar dari infeksi virus dan bakteri loh.

Sebaiknya kita melindungi kaki kita di area publik agar tidak terinfeksi jamur, virus dan bakteri yang hidup bebas di area publik tersebut. Karena sangatlah tidak nyaman jika sudah terinfeksi jamur dan bakteri pada area kaki.
Di musim hujan, sebaiknya gunakan kaos kaki anti bakteri, seperti yang terbuat dari serat bamboo untuk mencegah bakteri yang kerap muncul karena udara yang lembab.

 

2. Mencegah Aroma Yang Tidak Sedap Dari Kaki
Kaki kita memiliki kelenjar keringat paling banyak dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Sekitar 120.000 kelenjar keringat ada di satu kaki saja, loh. Jadi kaki yang tertutup atau menggunakan sepatu, akan berkeringat setelah seharian penuh beraktivitas. Nah keringat berlebihan itulah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Itulah mengapa sebaiknya kita menggunakan kaos kaki apalagi jika sepatu yang akan kita gunakan menutupi seluruh bagian kaki. Tapi sebaiknya pilihlah kaos kaki dengan bahan yang mudah menyerap keringat jadi pastinya akan mencegah aroma yang tidak sedap pada kaki.

 

3. Mencegah Kaki Lecet

Manfaat mengenakan kaos kaki
Socks – pixabay

Beberapa sepatu memang terbuat dari bahan yang bisa membuat kaki kita lecet, terutama untuk sepatu yang masih baru. Nah, penggunaan kaos kaki akan membuat kaki menjadi lebih nyaman dan terhindar dari lecet yang disebabkan oleh sepatu.

Itulah tiga manfaat utama penggunaan kaos kaki untuk kesehatan kita. Apakah kamu termasuk yang suka menggunakan kaos kaki?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here