Sedia Bahan-bahan Dapur Ini Untuk Atasi Gusi Berdarah

0
616
Cara mencegah gusi berdarah
People - pixabay

Hai girls, apakah kamu pernah mengalami gusi berdarah secara tiba-tiba? Biasanya ketika baru bangun tidur? Nah, kondisi gusi berdarah seperti itu disebut juga dengan gingivitis. Penyebab gusi berdarah adalah bakteri, bakteri ini berada di sela-sela gigi dan gusi dan membuat gusi menjadi bengkak, kemudian berdarah.

Gusi yang berdarah sebaiknya harus segera diobati loh, karena jika dibiarkan hal ini akan menyebabkan periodontitis. Apakah periodontitis itu? Periodontitis adalah infeksi berat pada gusi yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak di sekitar gusi, dan tulang penyangga gigi. Periodontitis juga dapat menyebabkan tanggalnya gigi seseorang.

Gingivitis dan periodontitis tidak boleh dianggap enteng loh girls, jika kamu mengalami salah satu dari dua kondisi tersebut sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter gigi ya. Dokter gigi akan memeriksa dan melakukan tindakan yang dianggap perlu untuk mengobati kedua penyakit tersebut.

Cara mencegah gusi berdarah
Mouth – pixabay

Beberapa obat-obatan memang mampu mengatasi kondisi gusi berdarah, namun selain dengan obat-obat kimia, gusi berdarah juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1. Berkumur dengan air garam
Garam merupakan salah satu bahan pengobatan alami yang dapat mengobati berbagai infeksi di sekitar mulut. Larutan air dengan garam berkhasiat mengatasi inflamasi dan juga bisa sebagai antiseptik. Larutan ini dapat mengatasi masalah penyebab bakteri dan mengatasi rasa nyeri di gusi .

Untuk mengatasi gusi berdarah, berkumurlah dengan larutan garam tiga sampai dengan lima kali dalam sehari. Biasakan untuk berkumur dengan air garam sebelum tidur malam.

2. Minyak pepermint

Cara mencegah gusi berdarah
Leaf – pixabay

Minyak ini dapat secara efektif membunuh bakteri jahat di mulut dan mengurangi pembengkakan di sekitar gusi. Aroma dari minyak peppermint juga bisa mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Untuk mengatasi gusi berdarah, cukup oleskan beberapa tetes minyak peppermint langsung ke gusi kamu yang bengkak atau berdarah.

3. Kayu Manis

Cara mencegah gusi berdarah
Cinnamon – pixabay

Siapa yang menyangka kayu manis juga memiliki efek anti bakteri yang cukup kuat. Kayu manis juga dapat membantu mengobati kerusakan pada gigi dan juga melawan penyebab utama radang gusi karena sifat anti bakterinya. Serta satu lagi nih, kayu manis juga bisa memberikan nafas segar.

Kamu bisa mencoba membuat pasta dari bubuk kayu manis segar yang dicampur dengan sedikit air hangat dan oleskan ke gusi yang bengkak atau berdarah. Biarkan selama 10 menit kemudia bilas dengan air hangat yah.

4. Makan wortel

Cara mencegah gusi berdarah
Teeth – pixabay

Sayuran ini memang dipercaya mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Kandungan vitamin C dan D yang tinggi pada wortel dapat mengatasi gingivitis dengan cepat.

Rutinlah mengkonsumsi wortel setiap harinya agar gusi dan gigi menjadi kuat, selain itu mengunyah wortel dapat mencegah bau napas.

Itu dia empat cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengatasi gusi berdarah, selain murah bahan-bahan tersebut juga sangat mudah kita dapatkan. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here