Ternyata Minum Kopi Sebelum Berolahraga Sangat Baik. Yuk Intip Khasiatnya!

0
134
manfaat kopi
People - pixabay

Hai girls, tentunya kamu suka dong dengan berolahraga? Jenis olahraga apa nih yang paling kamu suka? Selain untuk mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga juga sanagt efektif untuk pembentukan postur tubuh yang ideal.

Namun, aktivitas yang padat serta rasa lelah setelah berolahraga sering menjadi kendala sehingga kita mulai malas berolahraga. Untuk mengatasi rasa lelah setelah berolahraga, biasanya kita akan mengonsumsi suplemen penambah energi. Sayangnya, suplemen tersebut banyak mengandung bahan kimia yang justru berisiko bagi kesehatan kita jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, sebagai alternatif, kita bisa kok menggantinya dengan mengonsumsi kopi untuk mendapatkan energi dan menghilangkan rasa lelah.

Kandungan kafein dalam kopi mampu membantu otot untuk membakar lemak lebih cepat. Otot mengambil glikogen sebagai energi. Apabila cadangan glikogen dalam otot telah habis, otot menjadi lemah dan tubuh akan merasa lelah. Maka, kafein dalam kopilah yang mampu mengatasi masalah ini.

manfaat kopi
Coffee Coffee Beans – pixabay

Kafein membantu menjaga cadangan glikogen dalam otot, agar otot tidak merasa lelah. Dengan demikian, proses pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Selain itu, konsumsi kopi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kita, loh. Ternyata ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan mengonsumsi satu gelas kopi sebelum berolahraga. Mau tahu apa saja manfaatnya? Silakan simak langsung di bawah ini yah.

  1. Mengurangi rasa sakit pada otot

Konsumsi satu gelas kopi dapat mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan oleh kelelahan setelah berolahraga. Satu gelas kopi sebelum berolahraga juga membantu otot bekerja dengan lebih efisien.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Kafein dalam kopi mampu meningkatkan tekanan darah. Maka konsumsi kopi sebelum berolahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah kita. Konsumsi kopi juga meningkatkan fungsi oksigen di dalam jaringan darah. Sehingga tubuh menjadi lebih fit dan performa kita menjadi lebih baik selama berolahraga.

  1. Meningkatkan Memori

Memang tidak ada kaitannya sih antara olahraga dan ingatan. Tapi memori dan konsentrasi saling berkaitan, kita tentunya juga perlu mengingat metode apa saja yang kita gunakan selama berolahraga. Mengkonsumsi satu gelas kopi sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan memori serta konsentrasi hingga 24 jam setelah mengonsumsinya.

  1. Berperan sebagai bahan bakar otot

Konsumsi kafein dan karbohidrat mampu meningkatkan jumlah glikogen dalam tubuh. Glikogen inilah yang bermanfaat pada saat berolahraga. Glikogen memberikan kekuatan bagi otot di saat kita berolahraga.

manfaat kopi
Outdoors – pixabay

Itu dia girls, empat manfaat meminum kopi sebelum memulai berolahraga. Tapi yang perlu diingat di sini adalah, kopi yang paling baik dikonsumsi adalah kopi murni atau kopi hitam yah.

Jadi girls, sudah siap memulai olahraga hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here