4 Manfaat Kulit Timun Yang Jarang Orang Tahu

0
386
Manfaat Kulit Timun
Cucumber - pixabay

Girls, tentunya Kamu lebih suka makan timun tanpa kulitnya, padahal selain dagingnya, kulit timun juga memiliki manfaat lain yang sering Kamu tidak tahu. Nah, penasaran apa saja manfaat yang bisa didapat dari kulit timun? Langsung aja yuk, simak ulasan di bawah ini.

Timun sangat kaya nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi jika mengonsumsinya bersama dengan kulitnya. Ya, karena memiliki nutrisi yang juga baik untuk tubuh, kulit timun sebaiknya tidak dikupas habis. Jika kulit timun dikupas, Kamu akan kehilangan berbagai nutrisi penting seperti berikut ini :

1. Kaya akan serat
Kulit timun kaya akan serat yang tidak larut, yaitu serat yang mampu melewati saluran pencernaan Kamu dengan utuh. Karena tidak langsung diurai, serat tidak larut ampuh untuk membantu melancarkan usus dan saluran pencernaan dengan cara mendorong sisa makanan dan zat-zat yang sudah diolah keluar dari tubuh. Akibatnya buang air besarpu menjadi lancar. Serat tidak larut juga sangat baik untuk menghilangkan sembelit.

Sementara itu, daging timun mengandung banyak serat larut. Serat larut dibutuhkan tubuh untuk mengikat cairan sehingga lebih kental di dalam sistem pencernaan, ini yang membuat kenyang lebih lama karena perut tidak dibiarkan kosong. Maka, kombinasi serat larut dan tidak larut pada timun adalah yang terbaik.

Manfaat Kulit Timun
Cucumbers – pixabay

2. Kandungan vitamin K
Kulit timun juga tinggi vitamin K. Vitamin K baik untuk memicu produksi protein-protein tertentu yang dibutuhkan tulang agar tetap kuat dan padat. Selain baik untuk tulang, vitamin K juga bisa memperbaiki dan menstimulus produksi sel-sel baru dalam tubuh. Darah juga memerlukan vitamin K agar tidak terlalu encer dan untuk mencegah perdarahan.

3. Beta karoten
Siapa sangka, ternyata dalam kulit timun juga terdapat kandungan beta karoten yang tinggi. Beta karoten yang merupakan salah satu jenis vitamin A yang biasanya ditemukan pada buah-buahan atau sayur-mayur yang berwarna pekat dan terang.
Nah, beta karoten ini bagus untuk menjaga kesehatan mata dan indra penglihatan. Selain itu, beta karoten juga dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan radikal bebas.

4. Rendah kalori
Jangan takut mengonsumsi timun dalam jumlah yang banyak, selain memiliki segudang nutrisi, kulit dan daging timun juga hanya memiliki kadar kalori yang sedikit saja, yaitu 1-2 kalori pada setiap irisan timun. Karena timun juga mengandung banyak air, maka makan timun bisa membuat Kamu lebih kenyang tanpa khawatir dengan kalorinya.

Nah girls, itu dia manfaat dari kulit timun yang jarang orang ketahui. Jadi lain kali silakan konsumsi timun beserta dengan kulitnya yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here