6 Tips Memilih Kosmetik Aman dan Terjamin

0
51
6 Tips Memilih Kosmetik Aman dan Terjamin
6 Tips Memilih Kosmetik Aman Dan Terjamin

Tren makeup yang semakin booming menjadikan banyak merek kosmetik beredar diluar sana. Dari bedak, lipstik, foundation, eyeshadow dan masih banyak lagi, produk-produk ini dengan mudah ditemukan baik di toko offline maupun online. Harganya pun bervariasi, namun dibalik semua kosmetik tersebut, tidak semuanya aman.

Agar kulit tetap sehat, berikut tips memilih kosmetik aman dan terjamin sehingga ketika kalian menggunakan kosmetik untuk digunakan setiap harinya kesehatan kulit bisa terjaga. Karena sekarang sangat banyak kosmetik yang dijual secara bebas dan tidak ada ijin dari BPOM yang diproduksi rumahan ataupun produk kosmetik import terbaru.

6 Tips Memilih Kosmetik Aman dan Terjamin
6 Tips Memilih Kosmetik Aman Dan Terjamin

1. Cek Komposisi Kosmetik
Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah untuk mengecek komposisi kosmetik. Komposisi kosmetik bisa menunjukkan apakah sebuah kosmetik berbahaya atau tidak. Beberap kandungan bahan kimia seperti merkuri, hidroquinone, dan baru-baru ini Paraben, terbukti dapat merusak kulit dan bahkan menimbulkan penyakit lain.
Kosmetik berkualitas biasanya mencantumkan komposisi pada kemasan. Jika produk yang diinginkan tidak memiliki informasi, tanyakan pada penjual terlebih dahulu dan baca deskripsi produk pada toko.

2. Cek Sertifikasi Kesehatannya
Produk kosmetik legal yang sudah memiliki izin distribusi di wilayah Indonesia biasanya terdaftar di salah satu badan kesehatan. Minimal sebuah produk sudah terdaftar di dinas kesehatan setempat.
Sertifikasi yang paling terjamin adalah adanya kode BPOM. Kode BPOM hanya terdapat pada produk yang sudah lolos sertifikasi BPOM. Untuk menghindari nomor BPOM palsu, setiap nomor registrasi yang tercantum bisa dicek di situs resmi BPOM.

3. Lihat Testimoni Pelanggan
Testimoni dari pelanggan yang sudah pernah memakai produk kosmetik yang kamu pilih sangat penting untuk menunjukkan kualitas asli dari produknya. Hanya saja dengan teknologi yang semakin canggih, banyak testimoni palsu beredar. Selain itu, testimoni dari beauty vlogger yang sudah dibayar untuk endorsement biasanya bukan testimoni sebenarnya.
Untuk menemukan pengalaman asli pelanggan yang sudah menggunakan produk kosmetik yang diinginkan, cari blog kecantikan pribadi atau forum untuk melihat opini-opini dari orang yang telah memakai kosmetik. Dengan melihat testimoni maka bisa semakin yakin untuk membeli kosmetik.

4. Lihat Review Langsung
Terkadang gambar dan deskripsi produk pada iklan atau tampilan situs bisa berbeda dengan tampilan aslinya. Agar bisa mengetahui bagaimana kosmetik terlihat dan bekerja ada kulit secara langsung, tonton review langsung dari para pengguna yang sudah mencoba produk kosmetik yang akan dibeli.
Pastikan hanya melihat review dari channel yang netral dan tidak menyebarkan bias pada penilaiannya. Hindari blogger yang memberikan review atas dasar endorse.

6 Tips Memilih Kosmetik Aman dan Terjamin
6 Tips Memilih Kosmetik Aman Dan Terjamin

5. Coba pada Alat Tertentu
Beberapa kosmetik ternyata dapat buktinya pada alat-alat tertentu. Salah satunya bisa ditemukan pada warna lipstik. Untuk mencoba, gosokkan lipstik pada lipstik lalu gosok cincin ke daerah tangan.
Jika hasil yang dihasilkan lipstik berwarna kehitaman maka besar kemungkinan produk yang dipakai mengandung bahan kimia berbahaya dan patut untuk tidak dipakai lagi.

6. Cek Pemakaian Langsung
Setiap kosmetik akan memiliki efek yang berbeda pada tiap jenis kulit. Ada kulit cocok yang menghasilkan hasil yang memuaskan dan ada juga yang tidak menyebabkan efek apapun dan bahkan merusak kulit. Coba sebuah produk selama 7 hari dan nilai bagaimana produk tersebut mempengaruhi kulit.

Itulah 6 tips memilih kosmetik aman dan juga terjamin untuk makeup yang cantik dan berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here