Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 Mengusung Sustainable Fashion

7
2548
Muslim Fashion Festival
MUFFEST 2020

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) kembali digelar dan merupakan gelaran ke 5 di tahun 2020 ini. Event tahunan yang diadakan oleh Indonesian Fashion Chamber dan Dyandra Promosindo tidak hanya menampilkan fashion show saja, tapi juga talkshow seputar fashion.

Perkembangan fashion muslim yang pesat dan kreatif di tanah air, mendorong terselenggaranya Muslim Fashion Festival. MUFFEST diharapkan mampu menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia.

Muslim Fashion Festival
MUFFEST 2020

Event MUFFEST 2020 digelar dari tanggal 20 hingga 23 Februari 2020, dan pada hari terakhirnya, 23 Februari 2020, MUFFEST 2020 menampilkan fashion show kolaborasi dari empat desainer ternama, antara lain Monica Jufry, Ria Miranda, Nunik Mawardi, dan Sofie dengan USB Gold dan Fashion Stylist Caren Delano dengan tajuk #Beliinmasdonk .

Melalui koleksinya di MUFFEST 2020 kali ini, Ria Miranda ingin memperkenalkan kembali Ria Miranda Daily dengan tampilan kasual namun tetap stylish. Ria Miranda juga menambahkan, agar para desainer tanah air agar dapat tetap berkarya dan berinovasi dengan menampilkan karya yang ramah lingkungan. Dan ke depannya, agar bisa selala menjadi wadah inspiratif, dan penggerak pelaku industri fashion lokal bisa berani berinovasi hingga mampu bersaing di kancah internasional.

Sementara itu desainer Nuniek Mawardi menginterpretasikan zero waste dengan cara melipat kain segi empat menjadi 2 bagian yang menghasilkan bentuk segitiga. Ini memberikan makna bahwa desain bisa memberikan multifungsi dalam penggunaannya. Zero waste menjadi konsep yang sesuai dengan tema MUFFEST 2020.

Sebagai penutup acara, desainer kondang Itang Yunasz, Ivan Gunawan Previllage Modest, Hannie Hananto dan Irna Mutiara ikut serta menghadirkan koleksi terbaru mereka yang merupakan kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah dari NTB.

Desainer senior Itang Yunasz kali ini berkolaborasi dengan PT Gistex Textile, menampilkan koleksi terbarunya dari lini utamanya ITANGYUNASZ yang bertajuk Opulence. Koleksi Beliau ini menghadirkan nuansa nuansa kemewahan yang didominasi dengan warna hitam, dusty khaki dan orange. Material yang digunakan pun merupakan material pilihan yang semakin menambah kesan mewah.

Desainer Ivan Gunawan pun tidak ketinggalan menampilkan koleksi yang sesuai dengan tema MUFFEST tahun ini. Ivan Gunawan menampilkan koleksinya; Mandjha.Issue global warming membuat Ivan Gunawan untuk memproduksi pakaian dengan bahan baku yang ramah lingkungan.

Tema Fashionable People for Sustainable Planet merupakan tema yang sangat bagus sekali dan merupakan satu langkah kongkrit kita sebagai manusia, terutama para pelaku fashion untuk ikut memperpanjang usia bumi. Bijak dalam memilih serta menggunakan material fashion adalah bentuk aksi nyata menjaga bumi ini agar tetap terus berkelanjutan, dan aksi nyata tersebut bisa juga dimulai dengan keseharian kita.

7 COMMENTS

  1. Sebagai perempuan, lihat muslim fashion yg simpel tapi elegan dengan warna kalem, hati ini bergetar..

    Seru banget ya acaranya kak, sekaligus lihat mode baju buat lebaran nanti hehe

  2. Kegiatan seperti Muslim Fashion Festival (MUFFEST) ini wajib kita support bareng2, sebab sebagai negara dg mayoritas penduduk beragama Islam, sewajarnya Indonesia menjadi lokomotif pusat fashion busana muslim terbesar di dunia. Nice info Mbak Dede, salam kenal dari Mia di Medan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here