Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4

0
159
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4
Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4

Sama-sama memiliki spesifikasi flagship, Samsung Galaxy Z Fold4 vs Samsung Galaxy Z Flip4, mana yang lebih baik?

Setelah sekian lama menunggu, Samsung akhirnya resmi meluncurkan duo hp layar lipat terbarunya, yaitu Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4 di ajang Galaxy Unpacked 2022, bersama dengan peluncuran Samsung Galaxy Watch5, Watch5 Pro dan Galaxy Buds 2 Pro.

Secara khusus, hp Samsung Galaxy Z Fold4 merupakan hp lipat bergaya buku, mengikuti jejak pendahulunya Galaxy Z Fold3, sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai desain lipat clamshell seperti pendahulunya Samsung Galaxy Z Flip3 . Jadi selain desain, apa saja perbandingkan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4? Mari temukan jawabannya perbedaan Samsung Galax Z Fold4 vs Flip4 di bawah ini :

Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4
Berikut ini adalah Perbandingkan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4 yang bisa kamu ketahui dari segi desain, layar, chipset, kamera dan harga.

Desain
Samsung Galaxy Z Fold4 mempunyai desain yang sangat mirip dengan pendahulunya yaitu Galaxy Z Fold3 . Oleh karena itu, hp ini mempunyai desain lipat horizontal seperti buku, hadir dengan layar sekunder dengan ukuran agak besar di bagian depan dan dilengkapi sistem 3 kamera yang disusun secara vertikal di bagian belakang.

Lensa kamera belakang berada dalam modul kamera berbentuk pil yang sama rampingnya dengan generasi sebelumnya, meskipun bagian ujung-ujungnya sedikit lebih bersudut secara keseluruhan. Di bagian depan, hp lipat Samsung ini akan mempunyai kamera selfie yang terletak di lubang punch layar sekunder. Selain itu, Z Fold4 juga mempunyai kamera selfie yang terletak di bawah layar lipat di layar bagian dalam.

Samsung Galaxy Z Fold4 tersedia dalam pilihan warna abu-abu-biru, krem, dan hitam, dan hp ini sudah kompatibel dengan stylus S Pen Fold Edition, yang juga hadir dalam pilihan warna yang sama.
Sementara itu, Samsung Galaxy Z Flip4 merupakan hp lipat clamshell, yang berarti keduanya sangat berbeda dari segi desain. Galaxy Z Flip4 mempunyai sistem kamera belakang ganda dan layar sekunder agak kecil yang hanya menempati sepertiga dari bagian belakang, sama seperti desain pada Galaxy Z Flip3.

Di bagian dalam, hp lipat Samsung ini menggunakan desain punch-hole untuk menampung kamera selfie dan tidak ada kamera under display di Galaxy Z Flip4. Galaxy Z Flip4 juga mempunyai banyak pilihan warna muda seperti varian warna ungu, pink kuning, biru dan abu-abu.
Baik Samsung Galaxy Z Fold4 maupun Z Flip4 mempunyai fitur bezel yang lebih baik dan lebih tahan lama, serta menawarkan ketahanan air bersertifikat IPX8. Kedua hp lipat Samsung ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus+. Namun, Samsung Galaxy Z Flip4 tidak kompatibel dengan S Pen.
Layar
Samsung Galaxy Z Fold4 mempunyai layar luar ukurannya 6,2 inci dan layar dalam ukurannya 7,6 inci. Keduanya telah support kecepatan refresh 120Hz, sehingga akan menjanjikan pengalaman penggunaan layar yang lebih lancar bagi pengguna saat menonton video atau bermain game. Layar utama hp Z Fold4 ini lebih lebar dan lebih berbentuk persegi dari generasi sebelumnya dan mempunyai kecepatan refresh adaptif 1Hz hingga 120Hz, sedangkan layar eksternalnya mempunyai kecepatan refresh 48Hz hingga 120Hz.

Dari segi resolusi, layar bagian dalam Samsung Galaxy Z Fold4 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2.176 x 1.812 piksel, dilindungi kaca UTG (Ultra Thin Glass) serta support S Pen Fold Edition. Sementara itu, layar eksternal Galaxy Z Fold4 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2.316 x 904 piksel dan support fitur Always On Display.

Sementara itu, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai layar utama yang ukurannya 6,7 inci saat dibuka, sedangkan layar eksternal ukurannya hanya 1,9 inci. Layar utama hp lipat ini menawarkan resolusi Full-HD+ dan kecepatan refresh adaptif dari 1Hz hingga 120Hz, dan terdapat kamera berlubang di bagian atas yang berfungsi untuk menampung kamera selfie, seperti yang terdapat di Galaxy Z Flip3.
Layar eksternal hp lipat ini memiliki ukuran 1,9 inci dengan dukungan resolusi 260 x 512 piksel. Oleh karena itu, jika kamu suka menggunakan hp dengan layar besar untuk hiburan, maka Samsung Galaxy Z Fold4 akan menjadi pilihan yang lebih baik, dan Samsung Galaxy Z Flip4 akan cocok untuk Kamu yang suka menggunakan perangkat ringkas yang mudah dibawa.

Spesifikasi Chipset dan Memori
Perbandingkan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4 selanjutnya yang kita bahas adalah spek chipset dan memorinya. Baik Samsung Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4, keduanya telah ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1.

Tetapi, model Samsung Galaxy Z Fold generasi baru mempunyai memori lebih tinggi dengan menggunakan RAM 12GB dan kapasitas penyimpanan internal sampai 1TB. Sementara itu, penerus Z Flip3 yaitu Z Flip4 hanya mempunyai RAM 8GB yang lebih kecil dan pilihan memori penyimpanan internal 128GB, 256GB, dan 512GB.

Kapasitas baterai Galaxy Z Fold4 menggunakan baterai 4.400mAh, sedangkan kapasitas baterai Galaxy Z Flip4 menggunakan baterai 3.700mAh. Meskipun lebih kecil, baterai Galaxy Z Flip4 mempunyai lebih sedikit pekerjaan yang harus dilakukan jika dibandingkan tugas yang harus dikerjakan oleh baterai yang ada di Fold4. Sehingga masa pakai baterai kedua hp lipat Samsung ini tidak akan terlalu berbeda dan cukup digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Keduanya hp lipat ini juga telah menawarkan pengisian kabel cepat 25W dan pengisian nirkabel 15W serta pengisian nirkabel terbalik.

Kedua hp lipat Samsung Seri Z terbaru 2022 telah support konektivitas 5G dan mempunyai sensor sidik jari yang terpasang di tombol daya.

Kamera
Perbandingkan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4 selanjutnya adalah membahas tentang kamera. Samsung Galaxy Z Fold4 mempunyai sistem tiga kamera belakang yang sama dengan yang digunakan di Galaxy S22. Ini artinya hp lipat ini akan mempunyai sensor utama 50 megapiksel, lensa sudut ultra lebar 12 megapiksel, dan kamera telefoto 10 megapiksel dengan kemampuan zoom optik 3x.

Di bagian depan, hp lipat Samsung ini mempunyai kamera 10 megapiksel yang terletak di lubang punch layar sekunder, dan kamera yang terletak di bawah layar utama yang mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang ada di Galaxy Z Fold3 tetapi hanya menawarkan resolusi 4 megapiksel.

Sementara itu, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai sistem kamera belakang ganda dengan spesifikasi yang sama dengan yang digunakan pada Galaxy Z Flip3. Kamera utamanya menghasilkan dua sensor 12 megapiksel dan salah satunya menggunakan lensa sudut lebar dengan aperture f/1.8 dan yang lainnya merupakan lensa sudut ultra lebar dengan aperture f/2.2. Samsung mengatakan sensor kamer ini 65% lebih terang daripada yang digunakan Galaxy Z Flip3 karena ukuran piksel telah meningkat dari 1,4µm menjadi 1,8µm. Kamera di bagian depan, Galaxy Z Flip4 mempunyai kamera selfie 10 megapiksel dengan aperture f/2.4.

Harga
Soal harga, Samsung Galaxy Z Fold4 jauh lebih mahal, karena dijual dengan harga mulai Rp 24,99 juta di Indonesia, sedangkan harga Samsung Galaxy Z Flip4 dibanderol mulai Rp 13,99 juta.

Kesimpulan
Secara umum, Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4 akan cocok untuk pengguna yang berbeda. Samsung Galaxy Z Fold4 jauh lebih besar dan diperuntukkan bagi mereka yang ingin mempunyai hp lipat agar mempunyai lebih banyak ruang tampilan layar yang lebar saat dibuka.
Sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 diperuntukkan bagi mereka yang menginginkan layar normal saat dibuka namun lebih ringkas dalam posisi dilipat.

Keduanya hp lipat Samsung ini berjalan pada perangkat keras yang sama, meskipun Z Fold4 mempunyai lebih banyak RAM dan menawarkan sistem kamera yang lebih canggih. Smartphone lipat ini juga menawarkan dukungan untuk S Pen Fold Edition.

Sementara itu, Galaxy Z Flip4 menjadi hp lipat ringkas yang mengesankan dan menarik seperti pendahulunya. Tetapi ditujukan untuk pelanggan yang berbeda dari Z Fold4 dan tentunya menawarkan harga yang lebih murah. Jadi dari artikel Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold4 VS Galaxy Z Flip4 di atas, manakah yang ingin kamu beli?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here