Bisnis Modal Kecil Untung Besar dari Barang Tak Terpakai

0
763
Bisnis Modal Kecil Untung Besar dari Barang Tak Terpakai
Garbage - pixabay

Apa kira-kira Bisnis Modal Kecil Untung Besar …??? yupss… salah satunya adalah dari barang bekas, barang tak terpakai, atau bahkan barang rongsokan. Kita semua tentu paham bahwa masyarakat kita banyak menghasilkan sampah, baik organik maupun sampah plastik dan logam. Nah untuk sampah plastik dan logam, ini tentu bukan rahasia lagi bahwa keberadaanya sangat diburu oleh para pelaku usaha barang bekas.

Karena barang bekas atau sampah yang mengandung unsur logam maupun plastik, ujung-ujungnya sangat dibutuhkan oleh para industry, sehingga cukup sering dicari oleh para pengepul barang bekas. Dan dari barang bekas ini pun bisa tercipta Bisnis Modal Kecil Untung Besar, paling nyata adalah dari 2 contoh segmen usaha dari barang bekas berikut ini.

Bisnis Barang Bekas Skala Rumahan

Barang bekas sebagai objek usaha atau bisnis rumahan tentu bukan satu rahasia lagi. Mungkin suatu ketika akan mudah kita temui atau bahkan sudah kita temui, dimana sebuah rumah terdapat tumbukan botol plastik, rongsokan besi yang menggunung dan berbagai barang bekas dengan unsur logam maupun plastik lainnya. Dan itulah bisnis menjadi pengepul barang bekas sekala rumahan yang ada di beberapa dearah atau kawasan.

Usaha semacam ini biasanya murni menjadi pengepul saja, dengan sistematika mendapatkan barang bekas lewat tukang rongsokan, maupun pemulung yang menyetorkan barang rongsokan ke tempat pengepul rongsokan besar skala rumahan. Namun barang yang didapat tak hanya dari pemulung atau tukang rongsokan keliling saja, namun juga bisa memanfaatkan sampah yang dihasilkan masyarakat sekitar, yakni dengan cara menuliskan di depan rumah “menerima penjualan barang bekas, botol plastik, besi, kertas dan lain-lain”.

Bisnis Modal Kecil Untung Besar dari Barang Tak Terpakai
Newspapers – pixabay

Dengan informasi secara tertulis seperti ini, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan barang bekas dengan unsur plastik maupun logam dari sampah rumah tangga. Barang-barang yang terkumpul ini nantinya akan dijual ke pengepul skala yang lebih besar, maupun ke industry pelebur langsung. Dengan modal yang minim, usaha semacam ini bisa sangat menguntungkan biladijalankan dengan telaten dan sabar.

Bisnis Daur Ulang Barang Bekas

Usaha dengan memanfaatkan barang bekas juga tak hanya dengan mengumpulkan barang bekas lalu menjualnya dalam jumlah kiloan saja. Karena bagi yang berjiwa seni tinggi, barang bekas pun bisa jadi objek menarik untuk dijadikan benda kreasi. Mungkin kita sering membaca di koran, internet atau tayangan telefisi yang cukup menginspirasi, yakni dimana banyak pelaku usaha kecil, menyulab barang-barang bekas seperti botol plastik, kardus, bungkus detergen dan berbagai barang beka lainnya, yang kemudian diolah menjadi barang kreasi seni bernilai tinggi.

Bahkan didaerah Jakarta, ada seorang yang membuat lampion dan tempat lampu, yang terbuat dari botol minuman yang kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga tak nampak lagi sebagai barang sampah melainkan menjadi barang bernilai seni dan ekonomi tinggi.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Bisnis Modal Kecil Untung Besar dari barang – barang yang tak terpakai. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan serta menginspirasi dalam menangkap peluang bisnis dan usaha yang ada disekitar kita. Semoga dapat bermanfaat, salam sukses!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here