Panduan dan Tips Usaha Desain Grafis dan Percetakan

0
609
Tips Usaha Desain Grafis dan Percetakan
Magnifying Glass - pixabay

Sebenarnya usaha dibidang desain grafis dan percetakan sudah banyak dijalankan oleh masyarakat. Namun begitu masih banyak peluang untuk berbisnis di bidang percetakan ini. Kebutuhan masyarakat akan jasa ini masih banyak. Di antaranya pembuatan kartu nama, undangan, brosur, nota, spanduk, MMT dan masih banyak lagi.

Tips Usaha Desain Grafis dan Percetakan
Brochures – pixabay

Orang yang mempunyai ketrampilan di bidang inipun masih sedikit. Sehingga anda bisa mencoba untuk menekuni bisnis Usaha Desain Grafis dan Percetakan ini. Mulai dari belajar cara desain yang bagus. Jika anda tekun, hanya dengan membaca buku kemudian dipraktekkan maka itu sudah cukup untuk mempelajarinya. Jika punya dana yang cukup maka tempuhlan jalur pendidikan di bidang desain grafis ini atau kursus desain grafis. Di sana akan diajarkan program-program yang mendukung desain grafis ini seperti photoshop, coreldraw dan masih banyak lagi.

Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak, cukup dengan komputer dan printer anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Jika membutuhkan untuk mencetak dengan offset, maka anda masih bisa menggunakan jasa percetakan, jadi anda yang mendesain kemudian yang mencetak adalah percetakan. Atau kita juga dapat menggunakan teknik sablon. Namun hasil offset lebih bagus dibanding hasil sablon.

Tips Usaha Desain Grafis dan Percetakan
Technology – pixabay

Agar konsumen mengetahui memang dibutuhkan suatu cara untuk mengenalkan usaha yang kita jalankan ini. Kita bisa mempromosikannya lewat brosur, spanduk atau yang lainnya. Atau anda juga dapat melakukan strategi menjemput bola, jadi kita mendatangi kantor-kantor atau instansi pemerintah untuk mengajukan penawaran tentang jasa kita ini.

Berikan contoh desain yang bagus, karena hal ini akan memberikan kesan yang baik buat konsumen dan jika konsumen puas maka secara tidak langsung dia akan merekomendasikan usaha kita ke teman-teman mereka. Sebaiknya kita tidak memberikan pelayanan dalam bentuk 1 macam produk saja, sehingga konsumen dapat menggunakan jasa kita untuk bermacam-macam kebutuhan.

Usahakan pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat, karena terkadang konsumen menginginkan agar barang yang mereka pesan dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat.

Keuntungan yang didapatkan dari Usaha Desain Grafis dan Percetakan ini juga lumayan, rata-rata kita mengambil keuntungan 70% dari modal yang kita keluarkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi anda bisa mengembangkan usaha ini, semakin banyak yang bisa kita kembangkan maka akan smeakin banyak pula penghasilan yang kita dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here