Cara Efektif Mencapai Target Penjualan

0
1384
CARA EFEKTIF MENCAPAI TARGET PENJUALAN
Entrepreneur - pixabay

Seorang penjual yang mengawali pekerjaan dengan rencana penjualan seringkali disertai target penjualan baik target waktu harian, mingguan dan seterusnya, atau target penjualan menurut wilayah atau pangsa pasar. Target penjualan bisa dilakukan per-produk kalau memiliki lebih dari satu produk, dan penjual bisa menargetkan penjualan yang lebih besar untuk produk unggulan yang memiliki daya beda cukup besar dengan produk kompetitor yang sejenis.

CARA EFEKTIF MENCAPAI TARGET PENJUALAN
Target – pixabay

Target penjualan yang dibuat secara realistis akan memudahkan pencapaiannya bagi para penjual. Selain itu ketika target terpenuhi akan membuat penjual lebih bersemangat, lalu mereka dapat membuat target yang lebih besar lagi seiring meningkatnya permintaan dari konsumen, karena produk yang sudah mulai banyak terjual dan mulai laku di pasaran akan semakin dikenal luas dikalangan konsumen sehingga berdampak pada permintaan konsumen yang mulai meningkat.

Ketika Kamu menjual produk dan menargetkan penjualan, maka target penjualan dapat dicapai secara efektif dengan cara menyelenggarakan kegiatan promosi secara optimal. Promosi yang tepat sasaran dapat membantu meningkatkan penjualan dengan demikian akan membantu pencapaian target penjualan.

Promosi yang efektif dan tepat sasan dapat Kamu lakukan melalui riset pasar secara sederhana dengan mempromosikan produk ke wilayah-wilayah yang menurut Kamu banyak terdapat calon konsumen yang membutuhkan produk Kamu. Cara lainnya dapat ditempuh dengan promosi yang maksimal ke semua wilayah nanti dicari wilayah-wilayah yang tingkat pejualannya tinggi, barulah Kamu buat program-program promosi khusus pada wilayah tersebut untuk lebih mengikat konsumen dan meningkatkan brand image produk Kamu dimata konsumen. Untuk wilayah-wilayah yang tingkat penjualannya masih kecil, Kamu dapat merubah metode penjualan serta menerapkan program promosi yang bertujuan lebih mengenalkan manfaat dan keunggulan produk serta menciptakan kebutuhan konsumen terhadap produk Kamu.

Promosi yang dapat Kamu lakukan dalam rangka meningkatkan penjualan agar target penjualan tercapai diantaranya:

  1. Promosi melalui jalur konvensional seperti menyebarkan brosur ke berbagai segmen dan prospek-prospek yang telah Kamu buat.
  2. Promosi dari mulut ke mulut dimulai dari lingkungan terdekat, baik lingkungan keluarga, pertemanan atau group, atau relasi-relasi yang Kamu kenal. Mereka akan membicarakan produk Kamu kepada orang-orang yang mereka kenal.
  3. Promosi melalui rekan-rekan marketing produk lain yang mempunyai pasar tersendiri. Kamu bisa meminta data base konsumen mereka atau Kamu menjadikan mereka marketing freelance dengan sistem komisi per penjualan.
  4. Mengadakan program promosi khusus di instansi-instansi atau melalui pameran atau acara-acara lainnya.
  5. Promosi melalui jalur internet dapat memanfaatkan toko online gratis, iklan baris di internet yang disediakan secara gratis, mailing list, face book, friendstar. Kamu bisa membuat blog yang didalamnya memuat produk Kamu, atau membuat website sederhana untuk kepentingan e-commerce dimana website khusus dibuat untuk memperkenalkan produk Kamu lengkap dengan spesifikasi, keunggulan, cara penggunaan, dan lainnya, dapat disertakan juga testimoni, dari orang-orang yang sudah membeli dan menggunakan produk Kamu.

Promosi yang dilakukan secara optimal dan terus menerus sehingga produk Kamu makin dikenal di masyarakat dan menciptakan kebutuhan bagi mereka, akan makin memperbesar permintaan dari konsumen Kamu. Dengan besarnya permintaan konsumen maka target penjualan yang dibuat secara realistis akan tercapai. Apabila target belum tercapai Kamu dapat terus berpromosi dengan metode yang berbeda dan carilah keunggulan lain sebagai nilai tambah dari produk Kamu.

Kamu dapat memaksimalkan promosi online karena pangsa pasarnya sangat besar yaitu seluruh pengguna internet di seluruh dunia, sehingga kemungkinan konsumen yang membutuhkan produk Kamu lebih banyak sehingga penjualan dapat ditingkatkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here